DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Di World Water Forum di Bali, Sandiaga Uno: Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Siapkan Indonesia Pavilion

image
Sandiaga Uno. (OrbitIndonesia/kiriman)

ORBITINDONESIA.COM - Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan menyiapkan Indonesia pavilion di World Water Forum ke-10 atau forum internasional sektor air yang akan digelar di Bali pada 18-25 Mei 2024.

“Event ini sudah ditunggu-tunggu oleh setidaknya 50 ribu peserta,” kata  Meteri Sandiaga Uno di The Weekly Brief With Sandi Uno, 6 Mei 2024.

Di Indonesia pavilion, kementerian menyediakan berbagai atraksi menarik mulai dari konten dan aktivasi gim Lokapala dari Anantarupa yang mengangkat kebudayaan dan cerita rakyat dengan unsur kearifan lokal.

Baca Juga: Sandiaga Uno: Peran Perempuan dan Kesetaraan Gender Jadi Perhatian Dalam Konferensi PBB Tentang Pariwisata 

Ada juga partisipatif virtual reality (VR) dengan konten pariwisata Indonesia khususnya Desa Wisata Penglipuran, bekerja sama dengan Go Virtual.

Selanjutnya, penghitungan potensi dampak World Water Forum 2024 terhadap lingkungan melalui carbon footprint yang berkolaborasi dengan Jejak.in. Ada pula penjualan paket wisata low carbon/climate positive/regenerative tourism bekerja sama dengan Sejiva responsible tour operator.

Selain itu, kementerian juga menyediakan planogram untuk penjualan produk UMKM ekonomi kreatif yang telah dikurasi serta suvenir dan goodie bag Wonderful Indonesia.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno: World Water Forum Berpotensi Bawa Rp800 Miliar untuk Ekonomi Bali

“Kami juga memfasilitasi dan menyediakan konten informasi mengenai UNESCO Global Geopark yang telah ada di Indonesia, yang kita sandingkan dengan desa wisata yang berkelanjutan,” ujar Sandiaga.

Di samping kehadiran Indonesia pavilion, kementerian juga menawarkan paket wisata melukat (Water Civilization Experience from Quantum Temple) di Pura Tirta Empul yang penuh dengan kearifan lokal kepada para delegasi.

“Bersama Pemprov Bali dan Kementerian PUPR kami akan menyelenggarakan pawai budaya.” ***

Berita Terkait