DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Piala Afrika 2023: Pantai Gading Juara Untuk Ketiga Kali

image
Pemain Pantai Gading, Max-Alain Gradel dan Simon Adingra mencium trofi Piala Afrika 2023. (AFP/FRANCK FIFE)

ORBITINDONESIA.COM - Pantai Gading menjadi juara Piala Afrika 2023 untuk ketiga kalinya usai mengalahkan Nigeria 2-1 dalam final di Stadion Olympique Alassane Quattara, Abidjan, Pantai Gading, Senin 12 Februari 2024  dini hari WIB.

Gelar juara itu menambah koleksi Pantai Gading pada kompetisi sepak bola tertinggi di Benua Afrika menjadi tiga kali, selain menjuarai Piala Afrika pada 1992 dan 2015.

Jalannya pertandingan

Baca Juga: Piala Afrika 2023: Pantai Gading Taklukkan RD Kongo 1-0 dan Dipastikan Hadapi Nigeria di Final

Dalam final, Pantai Gading dan Nigeria mengawali pertandingan dengan saling mengadu strategi untuk menembus pertahanan lawan serta menciptakan peluang mencetak gol.

Gol pertama membuka keunggulan Nigeria di menit ke-38 lewat bek tengah Nigeria William Troost-Ekong yang menyundul "si kulit bundar" dari tendangan sudut.

Keunggulan Nigeria bertahan sampai babak pertama selesai.

Baca Juga: ANALISIS Sepak Bola: Piala Afrika dan Piala Asia Tunjukkan Standar Eropa Sudah Didekati Asia dan Afrika

Memasuki babak kedua pertandingan, Pantai Gading meningkatkan daya tekan dan menciptakan peluang pada menit ke-50, sayangnya tembakan Gradel masih dihalau bek Calvin Bassey yang berada di depan gawang.

Pertandingan sempat diwarnai aksi protes dari pemain Pantai Gading saat Gradel dijatuhkan Sanusi di dalam kotak penalti namun wasit tidak menunjuk titik putih.

Peluang kembali tercipta saat sundulan Kessie mengarahkan bola tepat ke gawang namun dapat diamankan kiper Nwabili yang berada di posisi yang tepat.

Baca Juga: Piala Afrika 2023: Afrika Selatan Akhirnya Finis Peringkat Tiga Sesudah Menang Adu Penalti vs RD Kongo 6-5

Nwabili pun kembali menunjukkan ketangkasannya di depan gawang saat menepis tembakan deras Koussounou dari luar kota penalti.

Pantai Gading akhirnya memecahkan kebuntuan lewat gol balasan Franck Kessie saat menanduk bola yang diumpan dari tendangan sudut yang membuat gawang "Sang Elang Super" pun bobol pada menit ke-62.

Pemain Pantai Gading terus menekan pertahanan Nigeria setelah menciptakan gol balasan.

Baca Juga: Jadwal Laga Olahraga Senin: Final Piala Afrika 2023 hingga AC Milan kontra Napoli

Alhasil, keunggulan berbalik ke Pantai Gading melalui gol Sebastien Haller pada menit ke-81.

Haller langsung mengarahkan kakinya untuk menyambut bola yang diumpan Adingra ke dalam gawang.

Nigeria yang ketinggalan pun kembali membangun serangan bertubi-tubi untuk menyamakan kedudukan. Namun, tim berjulukan Parah Gajah mampu menjaga keunggulan saat wasit menutup pertandingan setelah tambahan waktu sekitar 7 menit. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait