DECEMBER 9, 2022
Nasional

Survei Internal TPN, Andi Widjajanto: Ganjar Pranowo-Mahfud MD Menguat Buntuti Prabowo Subianto-Gibran

image
Andi Widjajanto (tengah) dan juru bicara TPN Eko Kuntadi di Media Center Jakarta, Rabu 27 Desember 2023. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM – Hasil survei internal dari tim pemenangan nasional (TPN) mengungkap, elektabilitas Ganjar Pranowo-Mahfud MD kembali menguat dengan membuntuti Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang memimpin.

Menurut Deputi Politik 5.0 TPN, Andi Widjajanto di Jakarta, Rabu 27 Desember 2023, elektabilitas Ganjar-Mahfud 37,0 persen, di bawah Prabowo-Gibran 41,1 persen.

Elektabilitas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 21,7 persen.

Andi menambahkan, TPN dalam menjalankan survei memakai metode konvensional, forum group discussion (FGD) 31 kota, dan predictive media analysis.

Menurutnya, metode konvensional mirip yang digunakan oleh lembaga survei yang mana sampel dan margin of error di angka normal.

Sedangkan untuk metode FGD, TPN menjangkau 3.000-4.000 peserta di 31 kota.

Menurutnya, dari data survei yang dikelola, tujuh hari lalu Ganjar Pranowo-Mahfud MD dalam posisi 35 persen, namun dalam 24 jam terakhir menjadi 37 persen.

Selain itu, dari media analytics, Ganjar memiliki sentimen positif di angka 41,2 persen dan Mahfud 38,4 persen.

“Kemudian dilihat dari data secara objektif, apakah data media analytics kami maupun data survei, rebound-nya terjadi,” kata Andi.

Andi mengungkap rebound terjadi disumbang dari sejumlah substansi ringan bersentimen positif.

“Substansi ringan itu adalah baju madura, baju rote, baju ungu, baju pink. Itu substansi ringan yang tidak ada di pasangan 01 dan 02.”

“Lalu kemudian Pak Mahfud secara substansi muncul dengan karakter terkuatnya, Pak Mahfud yang profesor hukum, di debat 2,3, membahas isu ekonomi sebagai ekonom, tapi membahas isu ekonomi dengan perspektif hukumnya,” ujarnya.

Selain itu dengan komunikasi khas Mahfud MD ketika debat dua berlangsung, ia mengatakan kata “selesai” yang diucapkan mendekati tenggat waktu yang disediakan, menjadi tren setelah debat calon wakil presiden.

Selain itu, Mahfud menyumbang sentimen positif saat menyebutkan 21 program unggulan senilai Rp500 triliun sampai lima tahun, yang dikomparasikan dengan program makan siang gratis pasangan 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sekitar senilai Rp500 triliun.

Dalam kesempatan yang sama, Juru Bicara TPN Eko Kuntadhi mengatakan, peluang pemilihan presiden 2024 untuk satu putaran hanya bila ada sesuatu yang luar biasa.

“Tapi kalau kita lihat tren yang selama ini kita amati, tampaknya Pilpres akan berlangsung dua putaran.”

“Isu satu putaran itu seringkali digembar-gemborkan agar kemudian masyarakat terbuai dengan isu itu,” katanya.

Inilah survei internal TPN usai debat Pilpres kedua:

Prabowo Subianto-Gibran Rakabumimg Raka 41,1 persen

Ganjar Pranowo-Mahfud MD 37,0 persen

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 21,7 persen ***

Sumber: Antara

Berita Terkait