DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Grup Musik Queen dan Masalahnya dengan Pers

image
Bohemian Rhapsody merupakan mahakarya atau masterpiece dari grup rock legendaris Inggris, Queen yang rilis pada tahun 1975 -Busurnusa.com

ORBITINDONESIA.COM - Masalah terus-menerus yang dialami Queen dengan pers musik menciptakan iklim permusuhan yang tidak mudah untuk diatasi.

Saat itu menjadi jelas bahwa gitaris Queen Brian May-lah yang melakukan upaya paling besar untuk memperbaiki hubungan yang memburuk.

Namun, dalam wawancara yang diberikan oleh vokalis Queen, Freddie Mercury kepada mingguan Inggris Melody Maker pada 1975, penyanyi tersebut mengungkapkan fakta menarik tentang rekaman album "A Night At The Opera" yang membosankan, single "Bohemian Rhapsody", dan semakin populernya kelompok baru itu.

Baca Juga: Hasil Kualifikasi Piala Eropa 2024, Ketika Diterpa skandal Perjudian Italia Bungkam Malta

Mengapa album ini membawakan begitu banyak masalah?

Sebab, meskipun merupakan hal terbaik yang pernah kami lakukan sejauh ini, "A Night At The Opera" juga merupakan materi kami yang paling mengerikan, kata Freddie.

Apa yang dimaksud dengan "paling mengerikan"? Salah satunya karena sejak awal wilayah tersebut dikelilingi oleh kondisi yang buruk.

Itu adalah rekaman yang membutuhkan waktu paling lama bagi kami untuk mencatatnya. Kami tidak terlalu memikirkan semuanya sebelum kami melakukannya. Kami hanya bilang kami punya banyak ide dan kami akan memasukkan semuanya ke dalam album ini.

Kami membutuhkan waktu empat bulan untuk menyelesaikannya, dan sekarang kami harus menyelesaikannya dengan tergesa-gesa, karena tur sudah dimulai.

Baca Juga: Hendrajit: Membaca Ulang Novel The Great Gatsby

Apakah fakta bahwa mereka mengakhirinya seperti ini menyiratkan bahwa ada hal-hal yang tidak berjalan sesuai keinginan Anda?

Bagaimanapun, kami berusaha melakukan yang terbaik, karena sangat penting bagi kami untuk memenuhi keinginan kami dalam hal itu. Saya pikir, meskipun kami lelah, semuanya berjalan baik. Malam-malam lainnya kami mendengarkannya secara keseluruhan dan kami tidak kecewa.

Jika hasilnya tidak terlalu buruk, lalu apa alasan mereka begitu tidak puas?

Ya, setelah album ketiga kami "Sheer Heart Attack", kami pikir sudah waktunya bagi kami untuk memantapkan diri agar nantinya bisa melakukan hal-hal yang lebih kami sukai. "Bohemian Rhapsody" adalah salah satu hasil pertama dari sikap tersebut.

Baca Juga: Prabowo Subianto Diangkat Jadi Anggota Kehormatan Projo Budi Arie Setiadi

Tidakkah menurutmu Queen terkadang melampaui batas kemampuannya?

Sebenarnya ya. Itulah yang terjadi pada kami di album terakhir ini. Tapi itulah cara Queen. Dalam aspek tertentu kami selalu merasa ingin melampaui batas. Itu adalah sesuatu yang membuat kita tetap hidup.

Apakah menurut Anda band ini sudah matang, atau masih berada pada level yang sama seperti saat pertama kali didirikan, meski ada beberapa perubahan?

Ya, menurutku kami sudah cukup dewasa. Yang paling membantu kami adalah tur terakhir kami, yang sangat sukses. Dia mengajari kami banyak hal; misalnya, kami belajar berperilaku di panggung, dan mendalami musik.

Baca Juga: Lewat Panggung GANJAR di Pademangan, Brando Susanto Guncang Sudut Jakarta

Kami memulainya di Inggris, namun saat kami tiba di AS, atau Jepang, Anda dapat melihat bahwa kami tidak lagi sama.

Kami mampu mengumpulkan semua pengalaman itu, jadi kami menuangkannya ke dalam album terakhir, yang jelas bahwa kami telah meningkat secara luar biasa, terutama di bagian eksekusi.

Saya pikir baru sekarang kita telah mencapai identitas kita yang sebenarnya, terlepas dari apa yang dikatakan para jurnalis. Saya tidak tahu apakah itu ada hubungannya dengan itu, tapi saat ini kami adalah grup rock terbaik di Jepang.

Kebanyakan orang mengira identitas Queen sudah cukup jelas di "Queen 2"...

Ya, begitulah adanya. Yang saya maksudkan sekarang kita sudah selesai memantapkan diri, bukan kita baru mulai memantapkan diri dengan karya terbaru ini.

Baca Juga: Penjelasan Timepad yang Dimiliki Sylvie di Series Loki Season 2 dan Diperebutkan oleh Tom Hiddleston

Memang benar bahwa kami telah mendefinisikan diri kami sendiri di "Queen 2", tetapi banyak yang masih percaya bahwa, jika kami melakukan sesuatu dengan lambat, kami akan terlihat seperti Beach Boys, dan, jika kami melakukan sesuatu yang berat, Led Zeppelin.

Mereka masih belum menyadari bahwa kami adalah sejenis campuran, dan itulah Queen, tidak lebih dari Queen. Saya berharap seseorang akan memberi tahu saya siapa yang membuat lagu lain seperti "Bohemian Rhapsody".

Apakah itu terdengar seperti sebuah kompetisi?

Tidak. Sepertinya kami bosan dibandingkan dengan semua orang. Jika kami selalu berpegang pada garis pribadi, saya tidak mengerti mengapa mereka harus mencampuradukkan kami dengan orang lain.

Baca Juga: Valletta Terancam Kehilangan Status Situs Warisan Dunia UNESCO, Pemerintah Dinilai Abai

Mengapa Anda memilih narasi berdurasi enam menit untuk single berikutnya?

Kami menganggap materi kami sebagai lagu, sebagai musik. Kami tidak peduli apakah materi itu nantinya akan dijadikan album atau single.

Saat kami membuat album, kami memperhatikan, ya, bahwa setiap lagu saling terhubung dengan baik, bahwa ada semacam koherensi umum. Kami pikir "Bohemian Rhapsody" adalah lagu yang kuat, dan kami merilisnya.

Secara sederhana. Sebenarnya ada beberapa diskusi sebelum keputusan akhir: ada yang menyarankan agar kami menguranginya sedikit, karena pada umumnya semua single biasanya tidak lebih dari tiga menit.

Tapi kami tidak bisa memotongnya; tidak lagi menjadi apa adanya. Terakhir, jika Queen memutuskan untuk merilis single berdurasi enam menit, siapa dan dengan hak apa yang dapat mencegahnya?

Baca Juga: Iran Bantah Adanya Hukuman 99 Cambukan Bagi Cristiano Ronaldo, Pengalihan Isu Konflik Palestina vs Israel

Di sisi lain, kami ingin diedit seperti ini, sehingga orang-orang mengetahui dengan jelas di mana posisi kami saat ini dalam karier kami.

Apakah kelompok yang dikelola merupakan kenyataan dalam segala hal, atau apakah Anda menganggap diri Anda sebagai pemimpin?

Kita sangat berbeda, baik di antara kita sendiri maupun dalam hubungan satu sama lain atau dengan kelompok lain, karena kita berada pada level lain; apa yang tidak dilakukan banyak orang lain.

Kita semua punya trauma besar, dan kita semua juga sangat teliti. Setiap kali kami merekam album, kami membuang lusinan kondisi, dan itu tidak selalu buruk. ***

Berita Terkait