DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Mahfud MD Belum Mau Masuk Arena Bursa Cawapres 2024

image
Mahfud MD halal bihalal di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jawa Timur, Sabtu 29 April 2023 malam.

ORBITINDONESIA.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan, dia belum waktunya masuk ke arena bursa bakal calon wakil presiden (Cawapres) 2024.

Pernyataan Mahfud MD tersebut disampaikan Minggu, 30 April 2023 di Surabaya.

Menurutnya, ia masih fokus bekerja menjadi Menko Polhukam dengan tugas mengupayakan evakuasi seluruh warga negara Indonesia (WNI) di area konflik militer negara Sudan.

Baca Juga: Viral Video Sekelompok Orang Bermain Musik Gamelan di Tengah Hutan, Netizen: Seperti KKN di Desa Penari

Sebelumnya Mahfud di kediamannya, kompleks Menteri Kuningan, Jakarta, menyambut silaturahmi Prabowo Subianto.

"Saya diundang ceramah ke rumahnya di Hambalang. Tidak ada lamaran menjadi Cawapres," ujarnya.

"Saya tidak bilang siap atau tidak siap. Itu nanti atau belum waktunya. Nanti saya bicara kalau sudah konkret saja," ujarnya.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan mulai 19 Oktober hingga 25 November 2023.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Sekarang ini, ada 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Selain itu, pasangan calon juga dapat diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara. ***

Berita Terkait