DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Ajaib, Kolesterol Hilang Tanpa Obat! Ini Rahasianya

image
Ilustrasi, Berikut ini cara alami untuk turunkan kolesterol tanpa minum obat seperti konsumsi sayur dan buah buahan

 

ORBITINDONESIA – Kadar kolesterol jahat yang tinggi dapat membahayakan tubuh dimana kondisi ini biasanya ditandai dengan keberadaan Low density lipoprotein (LDL) yang mengendap di dinding arteri seseoarang.

Keberadaan LDL dapat sebabkan arteri menyempit yang bisa memicu berbagai masalah kesehatan terutama jantung coroner. Nah bagi kamu yang tubuhnya dipadati Lipoprotein jenis LDL ini tidak perlu pani dengan langsung konsumsi banyak obat.

Ada kabar baik dimana menurunkan kolesterol jahat bisa dengan cara mengatur pola makan dan menjalani gaya hidup yang sehat.

Baca Juga: Bagi Penderita Diabetes Mulai Sekarang Modifikasi Gaya Hidup dengan Cara Ini

Berikut ini cara turunkan kolesterol secara alami tanpa obat :

1. Konsumsi sayur

Serat sangat punya peranan penting dalam upayakan turunkan kolesterol dalam darah dalam hal ini sayuran hijau bisa jadi salah satu sumber serat yang baik selain dari buah-buahan,

Diet mediterania bisa jadi contoh pola makan yang baik untuk menurunkan kolesterol. Diet ini selain banyak mengonsumsi sayur dan buah juga kaya sumber lemak baik dari minyak zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian, serta ikan.

Penelitian telah menunjukkan orang yang mengikuti diet gaya Mediterania selama setidaknya tiga bulan dapat mengurangi LDL rata-rata 8,9 mg/dL.

Baca Juga: Gaya Hidup Buruk Tingkatkan Mudahnya Orang Terserang Pneumonia, Simak Gejala dan Risikonya di Sini

2. Buah Apel

Konsumsi buah apel juga bisa turunkan kolesterol dalam darah. Studi yang dipublikasikan di International Journal of Preventive Medicine 2011 sebut konsumsi 300 gram apel setiap hari selama 8 minggu dapat turunkan kolesterol. Penelitian ini berkaitan dengan kandungan polifenol dan serat pada apel.

3.Teh hijau

Sebuah tulisan dari 14 studi menemukan bahwa dengan konsumsi teh hijau setiap hari selama setidaknya dua minggu bisa turunkan kolesterol total sekitar 7 mg/dL dan kolesterol LDL sekitar mg/dL.

Teh hijau sendiri kaya oksidan yang dapat mencegah kolesterol LDL dari oksidasi dan membentuk plak di arteri.

Baca Juga: Fakta Unik Tentang Joel Serial Film The Last of Us, Tokoh Protagonis Utama Terinspirasi dari Llewelyn Moss

4. Buah Alpukat

Buah alpukat mengandung vitamin K, C, B5, B6 dan E serta lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko stroke. Selain itu alpukat juga dapat mengatur kadar kolesterol LDL dan HDL serta trigliserida darah.

5. Rempah-rempah

Sebuah penelitian menunjukkan jahe, bawang putih, kunyit ternyata efektif dalam menurunkan kolesterol ketika dimakan secara teratur.
Makan satu siung bawang putih per hari selama tiga bulan misalnya, sudah cukup untuk turunkan kolesterol total sebesar 9 persen. ***

Berita Terkait