DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Kementerian Agama Tingkatkan Kualitas Pendidikan Agama Kristen di Kabupaten Sangihe Sulawesi Utara

image
Kegiatan Peningkatan Kompetensi dan Profesionalitas Pengawas Pendidikan Agama Kristen (PAK) se-Sulawesi Utara, Sabtu 5 November 2022.

ORBITINDONESIA - Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara terus meningkatkan kualitas agama Kristen di daerah itu dengan kegiatan Kelompok Kerja Pengawas Pendidikan Agama Kristen (Pokjawas PAK).

"Kami melakukan kegiatan Kelompok Kerja Pengawas Pendidikan Agama Kristen (Pokjawas PAK) tentang supervisi terpadu di Kabupaten Kepulauan Sangihe," kata Plh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Sangihe Mumammad Ali Lintuhaseng, di Manado, Sabtu 5 November 2022.

Ali Lintuhaseng mengatakan, pengawas PAK harus menyusun pedoman supervisi pengawas dengan berpedoman pada tugasnya.

Baca Juga: Tokoh Muda Minahasa Sulawesi Utara Jenike Hesri Kampanyekan Antigolput Lewat Teknologi Informasi

Baca Juga: Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey ke Jakarta Dampingi Puan Maharani di Tengah Isu Jadi Menteri

Kegiatan ini dihadiri oleh peserta sebanyak 33 orang dari 15 kabupaten/kota se-Sulawesi Utara.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kabupaten Sangihe yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan SMP Rolla Pella, mengatakan pengawas memegang peranan yang penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Kristen.

Katanya, pengawas bertugas memberi pendampingan dan supervisi sehingga pembelajaran agama Kristen dapat terselenggara dengan baik.

“Pada gilirannya hal ini akan berdampak positif bagi pembentukan karakter dan kepribadian generasi penerus bangsa,” katanya.

Baca Juga: Profil dan Biodata Audrey Vanessa, Miss Indonesia 2022 Finalis Asal Sulawesi Utara

Sedikitnya ada enam kompetensi yang harus terus diasah pengawas mata pelajaran. Keenam kompetensi itu adalah kompetensi pendidik, profesional, kepribadian, sosial, kompetensi manajerial, dan kompetensi di bidang penelitian.

Acara Peningkatan Kompetensi dan Profesionalitas Pengawas Pendidikan Agama Kristen (PAK) se-Sulawesi Utara ini diselenggarakan selama tiga hari dan diisi dengan diskusi kelompok untuk menyusun draft pedoman supervisi pengawas Agama Kristen di Sulawesi utara serta melaksanakan supervisi ke sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe. ***

Berita Terkait