DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Korean Vibes: Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa atas Tragedi Halloween Itaewon Korea Selatan

image
Ucapak Bela Sungkawa Presiden Jokowi atas Tragedi Haloween Itaewon, Korea Seatan.

ORBITINDONESIA - Presiden Joko Widodo akrab disapa Jokowi menyampaikan belasungkawa atas tragedi Halloween Itaewon, Korea Selatan yang terjadi pada Sabtu 29 Oktober 2022.

Pernyataan belasungkawa Presiden Jokowi itu diunggah di akun twitternya @Jokowi seperti filiat OrbitIndonesia Minggu 30 Oktober 2022.

"Turut berbelasungkawa atas tragedi di Seoul. Belasungkawa mendalam bagi mereka yang kehilangan orang-orang terkasih," demikian Presiden Jokowi menulis.

Baca Juga: Korean Vibes: Presiden Jokowi Berduka terhadap Tragedi Halloween Itaewon, Indonesia Bersama Rakyat Korsel

"Indonesia berduka bersama rakyat Korea Selatan dan kami berharap korban yang terluka dapat cepat pulih," ujar Presiden Jokowi.

Ratusan orang pada Sabtu 29 Oktober 2022 sekitar pukul 22.00 waktu setempat di kawasan Itaewon, Seoul, Korsel mengalami henti jantung setelah ribuan orang memadati jalan sempit untuk merayakan pesta Halloween.

Kedutaan Besar RI di Seoul menyebutkan ada dua orang warga negara Indonesia yang menjadi korban dalam tragedi Itaewon itu, namun mereka sudah memperoleh perawatan di rumah sakit dan kembali ke kediaman mereka.

Seorang WNI berinisial AR sempat dirawat di Korea University Anam Hospital dan sudah keluar dalam keadaan baik, sedangkan seorang WNI lain dengan inisial CA juga telah menerima perawatan di Rumah Sakit Seobuk atas luka ringan yang dideritanya dan telah kembali ke kediamannya pada Sabtu 29 Oktober 2022 malam.

Baca Juga: Korean Vibes: Pemerintah Terima 3.495 Laporan Orang Hilang dalam Tragedi Halloween Itaewon

Jumlah korban meninggal diperkirakan masih akan bertambah mengingat masih banyak yang dirawat atau belum diketmukan keluarganya.

Presiden Korsel Yoon Suk Yeol telah menggelar rapat darurat dan memerintahkan cepat tanggap kepada seluruh jajarannya untuk mengevakuasi korban, mencegah jatuh korban tambahan dan menjaga situasi di lokasi kejadian.

Gambar-gambar di media sosial memperlihatkan ratusan orang, yang memadati gang sempit dan miring itu, terjepit serta tidak bisa bergerak.

Petugas penanganan darurat serta kepolisian berupaya untuk membebaskan mereka dari himpitan.

Baca Juga: Korean Vibes: 19 Warga Negara Asing Diketahui Menjadi Korban Insiden Tragedi Halloween Itaewon

Gambar-gambar lain menunjukkan keadaan kacau ketika petugas pemaam kebakaran  dan warga menangani puluhan orang yang tampaknya tidak sadarkan diri.

Seorang saksi mata Reuters mengatakan kamar jenazah didirikan di sebuah gedung di seberang lokasi kejadian.

Korban tewas itu kemudian terlihat diangkut dengan tandu-tandu beroda dan dipindahkan ke sebuah gedung pemerintah untuk diidentifikasi, menurut saksi mata tersebut.

Pesta Halloween itu adalah yang pertama kalinya digelar dalam tiga tahun, setelah Korea mencabut pembatasan COVID-19 dan larangan berkumpul.

Baca Juga: Korean Vibes: Update Terbaru! Ada Dua WNI Korban Tragedi Halloween Itaewon, Bagaimana Kondisinya

Itaewon adalah distrik yang populer di kalangan anak muda Korea Selatan dan turis luar negeri. ***

Berita Terkait