DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

10 Kata Mutiara Hari Pahlawan 10 November Inspirasi dari Bung Tomo

image
Ilustrasi 10 kata mutiara dari Bung Tomo Inspirasi Hari Pahlawan 10 November.

ORBITIINDONESIA- Bung Tomo merupakan salah satu pahlawan nasional dan menjadi ikon Hari Pahlawan 10 November asal Surabaya.

Hari Pahlawan 10 November diawali dengan adanya pidato Bung Tomo membuat pasukan pejuang Indonesia semakin bersemangat merebut kemerdekaan dari penjajah dari gempuran Inggris waktu itu.

Jasa perjuangan Bung Tomo tidak hanya menjadikannya sebagai pahlawan namun juga sebagai inspirasi dijadikannya Hari Pahlawan 10 November.

Baca Juga: Contoh Puisi dengan Tema Hari Pahlawan 10 November yang Bisa Dibawakan untuk Lomba Sekolah

Berikut ini adalah kata-kata mutiara dari Bung Tomo yang perlu Anda baca demi menghormati jasanya di Hari Pahlawan 10 November :

  1. Di dalam pertempuran-pertempuran yang lampau kita sekalian telah menunjukkan, bahwa rakyat Indonesia di Surabaya….dan seluruh pemuda Indonesia yang ada di Surabaya ini, di dalam pasukan-pasukan mereka masing-masing dengan pasukan-pasukan rakyat yang dibentuk di kampung-kampung telah menunjukkan satu pertahanan yang tidak bisa dijebol, telah menunjukkan satu kekuatan sehingga mereka itu terjepit dimana-mana.
  2. Mereka telah minta supaya kita semua datang pada mereka itu dengan membawa bendera putih tanda bahwa kita menyerah kepada mereka.
  3. Kita diwajibkan dalam waktu yang mereka tentukan untuk menyerahkan senjata-senjata yang telah kita rebut dari tangan tentara Jepang.

Baca Juga: Berbagai Ide Lomba Hari Pahlawan 10 November yang Tidak Membosankan Ala Generasi Milenial

  1. Selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih merah dan putih, maka selama itu kita tidak akan mau menyerah kepada siapapun juga.
  2. Kita tunjukkan bahwa kita ini adalah benar-benar orang yang ingin merdeka.
  3. Lebih baik kita hancur lebur daripada tidak merdeka.
  4. Semboyan kita tetap: merdeka atau mati!

 Baca Juga: Kumpulan Ucapan Selamat Hari Pahlawan 10 November yang Bisa Anda Kirimkan ke Grup Kantor atau Keluarga

  1. Pada akhirnya pastilah kemenangan akan jatuh ke tangan kita sebab Allah selalu berada di pihak yang benar.
  2. Jika bangsa Indonesia masih tetap dirundung kegelapan atau keterbelakangan, maka hal itu adalah suatu realitas yang sangat memilukan dan secara tidak langsung membuka peluang bagi bangsa asing untuk menginjakkan kaki eksploitasinya di negeri ini.
  3. Tetapi saya peringatkan sekali lagi, jangan mulai menembak, baru kalau kita ditembak maka kita akan ganti menyerang mereka itu.

Itulah ulasan 10 kata mutiara dari Bung Tomo untuk inspirasi di Hari Pahlawan 10 November.***

Berita Terkait