DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Hari Penerbangan Nasional 27 Oktober Apakah Tanggal Merah? Simak Jawabannya Menurut SKB 3 Menteri

image
Ilustrasi jadwal Hari Penerbangan Nasional 2022.

ORBITINDONESIA - Setiap tanggal 27 Oktober, masyarakat Indonesia memperingati Hari Penerbangan Nasional.

Hari Penerbangan Nasional merupakan salah satu hari penting bagi Bangsa Indonesia yang ada di bulan Oktober.

Peringatan Hari Penerbangan Nasional merupakan momentum untuk mempelajari dan mengenang tonggak sejarah dunia penerbangan nasional di masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan Republik lndonesia.

Baca Juga: Kode Promo Grab, GrabBike, GrabCar, GrabMart, GrabFood, Ada diskon hingga 95 Persen di Rabu 26 Oktober 2022

Dilansir dari berbagai sumber, sejarah Hari Penerbangan Nasional dimulai saat salah satu putra terbaik Bangsa Indonesia yakni Komodor Udara Agustinus Adisutjipto berhasil untuk pertama kalinya menerbangkan pesawat Cureng hasil rampasan perang dari pasukan Jepang, dengan Bendera Merah Putih di langit Indonesia pada 27 Oktober 1945.

Pesawat Cureng tersebut terbang dari Pangkalan Udara Maguwono.

Keberhasilan penerbangan tersebut menyulut semangat juang para pemuda untuk berusaha mengembangkan kekuatan udara nasional.

Baca Juga: Jarang Orang Tahu, Ini Sejarah Hari Penerbangan Nasional dan Tanggal Peringatannya

Pada tanggal 29 Juli 1947, operasi udara pertama kali juga berhasil dilakukan oleh para Kadet yaitu Kadet penerbang Mulyono, Kadet penerbang Sitardjo Sigit, dan Kadet penerbang Suharnoko Harbani dengan menyerang markas militer Belanda di kota Semarang, Salatiga, dan Ambarawa.

Sebelumnya, Hari Penerbangan Nasional diperingati tanggal 9 April sejak 1961 hingga 1973. Namun setelah ditelaah bahwa tanggal tersebut tidak terkait dengan Hari Penerbangan Nasional.

Akhirnya tanggal Hari Penerbangan Nasional diubah menjadi 27 Oktober berdasarkan peristiwa penerbangan pesawat Cureng sekaligus menjelang Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober.

Baca Juga: Miskonsepsi Lone Wolf Dalam Aksi Terorisme Terkait Teroris Wanita Beraksi Sendirian

Di tahun ini, Hari Penerbang Nasional meruoakan peringatan yang ke-75 tahun dan jatuh bertepatan dengan hari Kamis, 27 Oktober 2022.

Sementara itu, berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri tentang penetapan hari libur nasional 2022, diketahui bahwa Hari Penerbangan Nasional bukan termasuk hari libur nasional atau tanggal merah.

Sehingga, di tanggal tersebut kegiatan sekolah maupun aktivitas perkantoran tetap berjalan sebagaimana biasanya.

Baca Juga: Hasil Liga Champions: Lawan Maccabi Haifa, PSG Tampil Beringas, Lionel Messi Kylian Mbappe Kompak Cetak Brace

Itulah informasi seputar Hari Penerbangan Nasional 2022. Semoga bermanfaat.***

Berita Terkait