DECEMBER 9, 2022
Gaya Hidup

YBJB Gaet Djarum Foundation Perkenalkan Batik Indah Jawa Barat Lewat Acara "Tutur Batik"

image
Pagelaran busana Wastra Batik Jawa Barat di Galeri Indonesia Kaya dalam acara

ORBITINDONESIA.COM - Yayasan Batik Jawa Barat (YBJB) menggaet Bakti Budaya Djarum Foundation menghadirkan acara bertajuk "Tutur Batik: Jejak Artistik Para Penjaga Tradisi Batik Jawa Barat" untuk mengenalkan keindahan batik-batik di Jawa Barat kepada generasi muda, bertepatan dengan bulan perayaan Hari Batik Nasional.

Didukung juga oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) serta Komisi X DPR RI, acara tersebut diisi dengan beragam kegiatan menarik mulai dari pemutaran dokumenter bertajuk "Asmaraloka Batik Tatar Sunda", diskusi panel, hingga pagelaran busana batik Jawa Barat.

"Batik Jawa Barat memiliki keunikan tersendiri, dengan ragam motif dan proses kreatif yang berbeda. Pada peringatan Hari Batik kali ini, kami memberikan dukungan terhadap YBJB dalam menyelenggarakan kegiatan ini dan juga menghadirkan film dokumenter yang mengangkat kekayaan warna dalam setiap karya batik dari Jawa Barat," kata Program Director Bakti Budaya Djarum Foundationm Renitasari Adrian di Jakarta, Selasa, 15 Oktober 2024.

Baca Juga: Jenama OE Perhatikan Regenerasi Pengrajin Batik dan Upayakan Batik Kembali Relevan Bagi Generasi Muda

Kegiatan "Tutur Batik: Jejak Artistik Para Penjaga Tradisi Batik Jawa Barat" diharapkan bisa menunjukkan kepada masyarakat luas bahwa proses kreatif dan seni para perajin batik Jawa Barat terus melaju mengikuti gerak langkah dunia seni dan keindahan mode.

Menampilkan juga upaya dari YBJB sebagai wadah untuk pemajuan batik sebagai budaya di Tanah Priangan dengan terus menjaga nilai-nilai tradisi yang dituangkan dalam secarik wastra.

Tercatat sejak 2008, YBJB telah berupaya dalam pewarisan seni tradisi batik di Jawa Barat di 27 Kabupaten/Kota untuk mengembangkan perajin-perajin seni wastra batik.

Baca Juga: Diskusi Kreator Era AI, Satrio Arismunandar: AI Dapat Ciptakan Gabungan Motif Batik Tradisional dan Elemen Modern

Dari situ kini tercipta ratusan bahkan kini berjumlah ribuan motif-motif batik Jawa Barat telah melengkapi mozaik batik nasional, adapun yang sudah cukup terkenal diantaranya motif Megamendung, Motif Wadasan, Motif Sawat Penganten, Motif Bulu Hayam, Motif Merak Ngibing, Motif Lereng Adumanis, Motif Mojang Priangan dan lainnya.

"Kami bekerjasama dengan berbagai pihak yang memiliki kegigihan, kepedulian, dan semangat untuk bersinergi dengan saling melengkapi untuk terus membawa seni tradisi kriya batik ini berkembang di berbagai daerah pembatikan di wilayah Jawa Barat secara simultan," kata Ketua YBJB Sendy Dede Yusuf.

Bagi warga yang tertarik menyaksikan keindahan dari batik-batik Jawa Barat, dokumenter hasil kolaborasi YBJB dan Bakti Budaya Djarum Foundation berjudul "Asmaraloka Batik Tatar Sunda", dapat menyaksikannya juga di YouTube Galeri Indonesia Kaya.***

Sumber: Antara

Berita Terkait