DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Kualifikasi Piala Dunia 2026: Ragnar Oratmangoen dan Rafael Struick Bawa Indonesia Curi Satu Poin di Kandang Bahrain

image
Ragnar Oratmangoen (putih) ketika mencetak gol ke gawang Bahrain. (Instagram @Timnasindonesia)

ORBITINDONESIA.COM – Tim nasional (Timnas) Indonesia meraih satu poin setelah bermain imbang 2-2 melawan tuan rumah Bahrain putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup C di Stadion Nasional Bahrain, Kamis, 10 Oktober 2024 malam WIB.

Dua gol Indonesia dicetak oleh Ragnar Oratmengoen (45+3) dan Rafael Struick (73'), sedangkan dua gol Bahrain dicetak Mohamed Marhoon (15', 90+9').

Shin Tae Yong membuat empat perubahan pada susunan sebelas pertamanya pada pertandingan ini dari pertandingan terakhir melawan Australia bulan lalu.

Baca Juga: PSSI Upayakan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Bisa Perkuat Timnas Indonesa Melawan Bahrain 10 Oktober 2024

Pelatih Korea Selatan itu memasukkan Mees Hilgers, Thom Haye, Malik Risaldi, dan Jordi Amat, untuk menggantikan Justin Hubner, Nathan Tjoe A On, Marselino Ferdinan, dan Rizky Ridho.

Sepuluh menit jalannya pertandingan, tempo permainan kedua tim berjalan lambat. Namun, lima menit kemudian Bahrain lebih memegang kendali setelah mereka membuka skor melalui tendangan bebas Mohamed Mahroon.

Pada menit ke-15, tendangan Marhoon luput dari jangkauan Maarten Paes setelah kiper FC Dallas itu mati kutu menyaksikan tendangan keras pemain bernomor punggung 8 tersebut.

Baca Juga: Liga Belanda 2024/2025: Calon Bek Timnas Indonesia Mees Hilgers Bawa FC Twente Menang Lawan Klub Thom Haye Almere City

Tendangan Marhoon membentur mistar gawang terlebih dahulu sebelum kemudian melewati garis gawang Indonesia, meski pantulan bola setelahnya keluar ke gawang.

Setelah itu, Dilmun's Warriors mendominasi jalannya pertandingan. Tekanan-tekanan mereka berkali-kali membuat pemain Indonesia tak nyaman menguasai bola.

Build up dari Jay Idzes, Mees Hilgers, dan Jordi Amat di lini belakang tak berjalan semestinya karena banyak menjalankan umpan lambung yang berujung bola hilang.

Baca Juga: Calon Pemain Timnas Indonesia Mees Hilgers Bantu FC Twente Petik 1 Poin di Kandang Manchester United

Tak hanya itu, Indonesia juga sering kalah dalam duel udara dan juga kalah second ball sehingga sangat sulit menguasai bola.

Di lima menit sisa babak pertama, Bahrain hampir menjebol gawang Indonesia untuk kedua kalinya.

Dalam tempo satu menit, mereka menciptakan serangan berbahaya, dimulai dari tendangan Ali Madan pada menit ke-40 yang diselamatkan Maarten dan juga peluang sundulan Ali Benaddi yang masih tipis di samping gawang.

Baca Juga: Pelatih FC Twente Joseph Oosting Puji Penampilan Calon Pemain Timnas Indonesia Mees Hilgers: Bertahan dengan Baik

Di menit-menit tambahan waktu, permainan Indonesia perlahan mulai kelihatan. Mereka mencetak gol melalui Ragnar Oratmangoen pada menit ke-45+3 setelah memanfaatkan asis dari Mees Hilgers.

Berawal dari crossing dari sisi kiri pertahanan Bahrain, bola yang melambung di kotak penalti tak mampu diamankan dengan baik oleh bek tuan rumah.

Bola lalu jatuh di Mees Hilgers yang maju membantu menyerang dan kemudian memantul ke kaki Ragnar yang berdiri bebas di depan gawang.

Baca Juga: Pemain Timnas Indonesia Jay Idzes Jadi Starter Ketika Venezia Dikalahkan AS Roma di Olimpico

Ragnar menendang bola ke gawang Bahrain yang dijaga kiper Ebrahum Lutfalla.

Video Assistant Referee (VAR) sempat memeriksa gol pemain FC Dender itu, karena diduga offside.

Setelah dicek, posisi Ragnar masih onside dan gol pun disahkan. Babak pertama pun berakhir dengan skor imbang 1-1.

Baca Juga: Inilah Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia Setelah Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Jadi WNI

Memasuki babak kedua, Shin melakukan dua perubahan cepat dengan menggantikan Jordi Amat dan Sandy Walsh untuk memasukkan Rizky Ridho dan Eliano Reijnders.

Pada menit ke-54, Bahrain mengawali peluang pertama di babak kedua melalui Marhoon. Tapi, tendangannya masih melambung.

Bahrain kembali menciptakan peluang pada menit ke-66 melalui Benaddi yang masih juga tidak tepat sasaran.

Baca Juga: Inilah 27 Pemain Timnas Indonesia yang Dipanggil Shin Tae Yong Lawan Bahrain dan China

Pada menit ke-71, giliran Indonesia yang mendapat peluang setelah tendangan bebas Calvin Verdonk mengarah tepat sasaran, namun masih tepat di pelukan Lutfalla.

Dua menit setelahnya, melalui serangan cepat, Indonesia mampu berbalik unggul menjadi 2-1 melalui gol Rafael Struick.

Struick mencetak gol cantik dari sisi kiri penyerangan Indonesia melalui akurasi tendangan yang mengarah ke arah pojok gawang Bahrain.

Baca Juga: Pemain Timnas Indonesia Mees Hilgers Main Penuh Ketika FC Twente Memetik Hasil Imbang Lawan Fenerbahce

Tendangan pemain yang baru mendapat klub barunya di Brisbane Roar itu membuat kiper Bahrain, Ebrahum Lutfalla mati langkah dan hanya melihat bola yang masuk ke gawang.

Ini adalah gol pertama Struick di Timnas senior setelah debutnya pada Juni 2023 silam ketika Indonesia bermain imbang 0-0 melawan Palestina di pertandingan persahabatan.

Setelah tertinggal, Bahrain terus menerus menyerang Indonesia. Namun, ekseskusi mereka yang kurang baik dan gemilangnya pertahanan Indonesia membuat mereka tak mampu mencetak gol penyama kedudukan.

Baca Juga: Pemain Timnas Indonesia Jay Idzes Gagal Bantu Venezia Menang Melawan Verona

Bahrain hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-90+2 melalui tendangan bebas Marhoon. Namun, tendangan bebas dari depan kotak penalti itu masih menyamping.

Ketika pertandingan seperti akan berakhir dengan kemenangan Indonesia, Bahrain mampu menggagalkannya setelah Marhoon mencetak gol keduanya pada menit ke-90+9 yang bermula dari skema tendangan sudut.

Gol itu sedikit berbau kontroversial setelah tambahan waktu sebenarnya hanya berjalan enam menit. Namun, wasit yang memimpin pertandingan, Ahmed Abu Bakar Said tetap mengesahkan gol tersebut.

Gol Marhoon membuat laga berakhir imbang 2-2. Indonesia meraih satu poin dari pertandingan tersebut.

Baca Juga: Inilah Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia Melawan Bahrain

Hasil ini membuat Indonesia di peringkat kelima klasemen sementara dengan tiga poin, berjarak satu poin dari Bahrain di posisi keempat dengan empat poin.

Di pertandingan berikutnya, Indonesia akan bertanding tandang melawan China, Selasa 15 Oktober, sedangkan Bahrain akan bertandang melawan Saudi Arabia di hari yang sama.

Susunan pemain

Bahrain: Ebrahum Lutfalla, Amine Benaddi, Waleed Alhayam (C), Vincent Emmanuel (Sayed Hashim Issa 86'), Abdulla Alkhalasi, Abbas Fadhel Alasfoor (Abdulwahab Al Malood 76'), Ali Madan (Mahdi Al-Humaidan 64'), Mohamed Marhoon, Ali Haram (Sayed Dhiya Saeed 65'), Komail Alaswad, Mahdi Abdul Jabar Hasan (Hussein Abdulkarim 64'). Pelatih: Dragan Talajic.

Indonesia: Maarten Paes, Mees Hilgers, Jay Idzes, Jordi Amat (Rizky Ridho 46'), Sandy Walsh (Eliano Reijnders 46'), Calvin Verdonk, Thom Haye (Nathan Tjoe A On 81'), Ivar Jenner, Malik Risaldi (Marselino Ferdinan 58'), Rafael Struick (Witan Sulaeman 90'), Ragnar Oratmangoen. Pelatih: Shin Tae Yong. ***

Berita Terkait