DECEMBER 9, 2022
Internasional

Angkatan Udara Ukraina Klaim Tembak Jatuh 67 Drone Rusia di 11 Wilayah, Termasuk di Ibu Kota Kiev

image
Arsip - Foto pesawat nir-awak atau drone yang digunakan dalam perang Ukraina vs Rusia. (Anadolu Agency)

ORBITINDONESIA.COM - Ukraina pada Senin pagi, 30 September 2024, mengklaim bahwa mereka telah menjatuhkan 67 pesawat tanpa awak atau drone Rusia di 11 wilayah negara itu, termasuk di Ibu Kota Kiev.

Pernyataan dari Angkatan Udara Ukraina mengklaim bahwa total 73 drone, serta tiga jenis rudal, termasuk rudal balistik Iskander, diluncurkan oleh Rusia ke negara itu pada malam hari.

Pernyataan Ukraina itu menyebutkan bahwa 67 dari drone Rusia tersebut dan sebuah rudal jelajah ditembak jatuh di wilayah Kiev, Cherkasy, Vinnytsia, Kirovohrad, Zhytomyr, Poltava, Chernihiv, Sumy, Kharkiv, Dnipropetrovsk, dan Mykolaiv.

Baca Juga: Dubes Rusia Vassily Nebenzia Kritik Sidang Dewan Keamanan PBB tentang Ukraina di Tengah Krisis Gaza

Kepala Administrasi Militer Kota Kiev Serhiy Popko mengatakan di Telegram bahwa peringatan serangan udara di ibu kota berlangsung selama lebih dari lima jam, dan semua drone di atas kota itu ditembak jatuh.

Wali Kota Kiev Vitali Klitschko mengatakan bahwa reruntuhan drone Rusia yang ditembak jatuh ditemukan di dekat sebuah bangunan perumahan di Distrik Obolonskyi ibu kota itu.

Gubernur regional daerah pusat kota Kiev Ruslan Kravchenko mengatakan bahwa puing-puing dari drone yang ditembak itu jatuh di enam distrik berbeda di wilayah tersebut, dan kebakaran terjadi di sebuah rumah pribadi di salah satu wilayah tersebut.

Baca Juga: Korea Utara: Bantuan Militer AS ke Ukraina Adalah Kesalahan Besar yang Bisa Memicu Bencana Nuklir

Sementara itu, kebakaran juga terjadi di sebuah fasilitas infrastruktur penting di Distrik Bashtanskyi wilayah Mykolaiv, kata Gubernur Vitaliy Kim di Telegram.

Pihak berwenang Ukraina tidak melaporkan adanya korban jiwa akibat serangan itu, sementara otoritas Rusia belum memberikan komentar atas klaim Ukraina tersebut.***

Sumber: Antara

Berita Terkait