DECEMBER 9, 2022
Nusantara

BMKG: Kota Padang Sidempuan, Tapanuli Sumatra Utara Diguncang Gempa 5,3 Magnitudo Kamis Malam

image
Ilustrasi - Gempa bumi dengan Magnitudo 4,9 di Padang Sidempuan, Sumatera Utara pada Sabtu pukul 11:39:43 WIB disebabkan oleh aktivitas Sesar Sumatra pada Segmen Toru. (ANTARA/HO)

ORBITINDONESIA.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi gempa 5,3 magnitudo mengguncang Kota Padang Sidempuan, Tapanuli Selatan, Sumatra Utara, Kamis malam, 19 September 2024 pukul 23.14 WIB.

Dalam peringatan dini yang diekspose melalui sistem aplikasi infoBMKG di Jakarta, Kamis, melaporkan pusat gempa tersebut terletak di laut pada kedalaman 93 kilometer dengan koordinat 0.80 LU,98.68 BT atau berjarak 91 kilometer dari arah Barat Daya Padang Sidempuan.

Gempa yang mengguncang Padang Sidempuan tersebut juga dideteksi di Mandailing Natal dan Nias Selatan Sumatra Utara yang berjarak 99 kilometer arah Timur Laut dari pusat gempa.

Baca Juga: BMKG: Cuaca Ekstrem, Hujan Angin yang Menerpa Aceh dan Sumatra Utara Setara 55,56 Kilometer per Jam

Berdasarkan analisa sementara seismologis BMKG gempa tersebut dipastikan tidak berpotensi tsunami.

Namun, masyarakat diimbau waspada dan tetap tenang serta tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya sampai hasil analisa peristiwa menyeluruh dilaporkan oleh BMKG.

Hasil analisa tersebut biasa didapatkan masyarakat dengan cara mengakses aplikasi daring infoBMKG, media sosial infoBMKG, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.***

Sumber: Antara

Berita Terkait