DECEMBER 9, 2022
Internasional

Warga Negara Indonesia di Jepang Diminta Waspadai Topan Shanshan Pada Selasa Besok dan Rabu

image
Peta lokasi kemungkinan serangan Topan Shanshan di Jepang (Foto: The Japan Times)

ORBITINDONESIA.COM - Warga negara Indonesia (WNI) di Jepang diminta untuk waspada karena Topan Shanshan diperkirakan akan melanda Jepang barat dan timur pada 27 dan 28 Agustus 2024, yakni Selasa besok dan Rabu lusa.

Kedutaan Besar RI (KBRI) di Tokyo mengumumkan pada Minggu, 25 Agustus 2024, bahwa topan Shanshan tersebut akan disertai angin kencang dan hujan lebat.

WNI diminta berhati-hati dan memantau perkembangan dan informasi dari pemerintah Jepang tentang topan Shanshan, mempertimbangkan kembali rencana perjalanan, dan mempersiapkan logistik yang cukup.

Baca Juga: Salut, Aktor Kim Seon Ho Sumbangkan Seluruh Penghasilannya untuk Bantu Korban Topan Hinnamnor

“Identifikasi area aman atau lokasi pengungsian serta saling terhubung dengan keluarga dan komunitas WNI setempat,” kata KBRI.

Dalam keadaan darurat, WNI bisa menghubungi aparat setempat atau nomor darurat perlindungan WNI di +818035068612 dan +818049407419 untuk wilayah KBRI Tokyo dan +818031131003 untuk wilayah KJRI Osaka.

Menurut Badan Meteorologi Jepang, Topan Shanshan bergerak menuju utara di atas perairan dekat Kepulauan Ogaswara.

Baca Juga: Topan Gaemi Menghantam Keras Filipina, China, Taiwan dan Jepang, 21 Orang Tewas di Manila

Kecepatan angin bisa mencapai 120 knot atau 60 m/s, yang berpotensi menumbangkan tiang listrik, pohon, lampu jalan, dan rumah kayu, serta mengubah struktur bangunan tempat tinggal.***

Sumber: Antara

Berita Terkait