DECEMBER 9, 2022
Internasional

WSJ: Sistem Pertahanan Iron Dome Israel Mungkin Tak Mampu Mengadang Seluruh Drone dan Rudal Iran

image
Rudal Iran yang mungkin digunakan menyerang Israel (Foto: Arab News)

ORBITINDONESIA.COM - Sistem pertahanan rudal Iron Dome yang dimiliki Israel kemungkinan tidak akan mampu melindungi penduduk dari beberapa drone atau pesawat nirawak serta rudal Iran, menurut laporan surat kabar The Wall Street Journal (WSJ).

Iron Dome memungkinkan Israel untuk menembak jatuh rudal jarak pendek dan melindungi daerah berpenduduk dari serangan yang dilakukan gerakan Palestina, Hamas.

Namun menurut laporan WSJ pada Selasa, 6 Agustus 2024, tingkat kemampuan yang dimiliki oleh Iran maupun gerakan Hizbullah Lebanon dinilai lebih tinggi. Iron Dome Israel menghadapi tantangan yang lebih besar.

Baca Juga: Presiden Palestina Mahmoud Abbas: Israel Membunuh Ismail Haniyeh untuk Perpanjang Perang di Gaza

Sebuah sistem pertahanan udara berukuran besar diciptakan dengan partisipasi Amerika Serikat, dengan melibatkan angkatan udara AS, Israel dan negara-negara lain, serta sistem radar negara-negara tetangga, lapor surat kabar itu.

Laporan tersebut menambahkan bahwa pelaksanaan sistem tersebut terutama dikoordinasikan oleh Komando Pusat AS.

Iran dilaporkan bersiap untuk menyerang Israel segera setelah pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh, terbunuh oleh serangan Israel di Teheran pekan lalu.

Baca Juga: Hamas Tunjuk Yahya Sinwar Gantikan Ismail Haniyeh yang Terbunuh

Gerakan perlawanan itu menyalahkan Israel dan Amerika Serikat atas kematian Haniyeh, dan mengatakan serangan tersebut tidak akan dibiarkan begitu saja tanpa pembalasan.***

Sumber: Antara

Berita Terkait