DECEMBER 9, 2022
Nasional

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Buka Layanan Publik dan Pameran di Plaza Sudirman: Ada Layanan Keimigrasian

image
Yasonna H Laoly berbincang dengan warga di pameran layanan publik di Plaza Sudirman, Minggu 4 Agustus 2024. (ANTARA/HO-Kemenkumham RI)

ORBITINDONESIA.COM – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia menyelenggarakan pameran layanan publik di Plaza Sudirman, Jakarta, dalam rangka memperingati hari Pengayoman ke-79 yang jatuh pada tanggal 19 Agustus.

"Kegiatan ini adalah wujud nyata semakin mendekatkan diri dengan masyarakat," kata Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H Laoly dalam keterangannya di Jakarta, Minggu 4 Agusus 2024.

Kegiatan yang menghadirkan berbagai jenis layanan dalam satu tempat itu tidak hanya di Jakarta, tetapi juga di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H Laoly Bantah Tudingan Kontroversial Alvin Lim tentang Ferdy Sambo

“Pelayanan publik yang kita selenggarakan pada hari ini merupakan wujud nyata komitmen kita untuk semakin mendekatkan diri kepada masyarakat, mengampanyekan layanan publik Kemenkumham seluas-luasnya kepada masyarakat,” katanya.

Ia menilai, tidak dapat dipungkiri lagi pelayanan publik harus terus bergerak mengikuti perkembangan zaman.

“Mencermati revolusi industri sekarang, sungguh tepat jika kita harus bergerak progresif dan dinamis dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik,” kata dia.

Baca Juga: Kememteriam Hukum dan Hak Asasi Manusia Ekspansi Layanan Imigrasi Digital, Yasonna H Laloly: State of the Art

Ada empat layanan publik yang dibuka: keimigrasian, kekayaan intelektual, administrasi hukum umum, serta pameran pemasyarakatan.

Dalam layanan keimigrasian, tersedia layanan pembuatan e-paspor oleh kantor imigrasi.

Dalam layanan kekayaan intelektual, tersedia layanan publik dalam merek, paten, hak cipta, dan desain industri untuk mendukung pelindungan karya anak bangsa.

Baca Juga: Yasonna H Laoly Teken Prasasti Pembangunan Gedung Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Utara

Untuk administrasi hukum umum tersedia layanan perseroan terbatas, perseroan perorangan, perkumpulan, notariat, kewarganegaraan, dan apostille untuk mendukung masyarakat dalam mendapat kemudahan bermasyarakat.

Ada pula pameran produk warga binaan lembaga pemasyarakatan yang menampilkan berbagai kerajinan. ***

Berita Terkait