DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Formula 1 GP Belgia 2024: Geroge Russell Didiskualifikasi, Lewis Hamilton Juara

image
George Russell.

ORBITINDONESIA.COM – Lewis Hamilton menjad juara setelah George Russell didiskualifikasi dari balapan Fomula 1 GP Belgia setelah mobil balapnya melewati batas bobot minimal.

Ini adalah pukulan telak bagi Russell, yang baru saja menjadi juara balapan GP Belgia.

FIA mengumumkan bahwa mobil Russell dalam batas bobot minimal setelah pemeriksaan awal setelah balapan, yakni 798 kilogram.

Baca Juga: Klasemen Formula 1 Usai GP Hungaria 2024: Verstappen Masih Memimpin

Namun setelah sampel bahan bakar dikuras dari mobilnya - tepatnya sebanyak 2,8 liter - mobil kembali ditimbang, hasilnya di bawah bobot minimal.

FIA mencatat setelah balapan: "Mobil nomor 63 ditimbang dan beratnya tercatat 798,0 kg, yang mana itu adalah bobot minimum mobil yang diperlukan mengacu ke technical regulation Pasal 4.1

"Setelah ini, bahan bakar dikuras dari mobil dan 2,8 liter bahan bakar dikeluarkan. Mobil tidak sepenuhnya dikuras mengacu prosedur pengurasan bahan bakar yang diajukan oleh tim dalam dokumen legalitas mereka seperti yang dipenuhi technical regulation pasal 6.5.2.

Baca Juga: Formula 1 GP Belgia: Max Verstappen Tercepat, Tapi Charles Leclerc yang Rebut Pole Dalam Balapan Nanti Malam

“Mobil ditimbang lagi pada timbangan dalam dan luar dan bobot mobil menjadi 796,5 kg. Kalibrasi dari timbangan luar dan dalam telah dikonfirmasi dan disaksikan oleh kompetitor."

"Karena ini 1,5 kilogram di bawah bobot minimum yang diminta oleh technical regulation pasal 4.1, yang harus dipatuhi sepanjang waktu selama kompetisi, saya mereferensi masalah ini ke Stewards untuk pertimbangan mereka."

Diskualifikasi Russell memberi Hamilton - yang finis kedua di balapan - kemenangan ke-105 di Formula 1.

Baca Juga: Formula 1 GP Belgia: George Russell Juara

Oscar Piastri naik ke posisi kedua, dengan Charles Leclerc di peringkat ketiga. ***

Berita Terkait