DECEMBER 9, 2022
Ekonomi Bisnis

Real Madrid Jadi Klub Olahraga Pertama di Dunia yang Raih Penghasilan Rp17,5 Triliun

image
Pemain Real Madrid usai menang melawan Borussia Dortmund di final Liga Champions 2023/2024 di Wembley Stadium, London, Inggris, Minggu 2 Juni 2024 dinihari WIB. (ANTARA FOTO/REUTERS/Carl Recine/rwa.)

ORBITINDONESIA.COM - Real Madrid menjadi klub olahraga pertama di dunia yang meraup penghasilan1,073 miliar euro setara Rp17,5 triliun per tahun.

Dalam keterangan resm, Rabu, 24 Juli 2024, Real Madtid selama musim 2023/2024 meraih penghasilan bukan termasuk transfer pemain, sebesar 1,073 miliar euro atau meningkat 27 persen atau sebesar 230 miliar euro dari tahun sebelumnya.

"Di lapangan, tim utama sepak bola memenangkan Liga Champions untuk keenam kalinya pada periode 2014-2024, serta gelar LaLiga dan Piala Super Spanyol.”

Baca Juga: Carlo Ancelotti: Real Madrid tidak akan Berpartisipasi di Piala Dunia Antarklub 2025

“Tim bola basket memenangkan Liga, Copa del Rey dan Piala Super Spanyol, serta membuat final EuroLeague.”

“Ini semua berkontribusi dalam meningkatkan penghsilan, tetapi juga biaya yang lebih tinggi, khususnya bonus,” demikian keterangan resmi Real Madrid.

Tahun ini, Real Madrid menerima laba bersih sebesar 16 miliar euro.

Baca Juga: Bantah Carlo Ancelotti, Real Madrid Umumkan Berpartisipasi di Piala Dunia Antarklub 2025

Sedangkan untuk ekuitas klub dengan pemilik gelar trofi 15 Liga Champions tersebut mempunyai 574 miliar euro.

Kenaikan penghasilan tersebut tidak lepas dari naiknya perolehan komersial klub, sponsor, dan stadion Santiago Bernabeu yang menjadi lini bisnis baru pasca direnovasi.

Meski demikian, Real Madrid juga mengalami penurunan penghasilan hak siar LaLiga musim ini jika dibanding hak siar di musim 2022/2023.

Baca Juga: Real Madrid Perkenalkan Kylian Mbappe, Bernomor Jersey 9

"Meskipun stadion tidak beroperasi penuh, klub telah melampaui angka satu miliar euro dalam pendapatan operasional sebelum pelepasan aset tetap. Ini adalah angka yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk klub sepak bola mana pun," tulis Real Madrid.

Real Madrid sekarang tengah bersiap untuk menjalani pertandingan pra musim yang berlangsung di Amerika Serikat. ***

Berita Terkait