DECEMBER 9, 2022
Jakarta

Komisi E DPRD Minta Pemerintah Provinsi Jakarta Angkat Ribuan Guru Honor Lewat Jalur Kontrak Kerja Individu

image
Sekretaris Komisi E DPRD Jhonny Simanjuntak memberi keterangan kepada wartawan di Jakarta, Selasa 23 Juli 2024.( ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Komisi E DPRD meminta Pemerintah Provinsi Jakarta mengangkat 4.000 guru honor menjadi guru dengan jalur kontrak kerja individu (KKI).

"Jangan cuma 1.700 yang diangkat menjadi KKI," kata Sekretaris Komisi E DPRD DKI Jakarta Jhonny Simanjuntak di Jakarta, Selasa 23 Juli 2024.

Jhonny mengatakan, APBD Jakarta itu mencapai Rp81,7 triliun sehingga bisa mencukupi ketika hanya untuk merekrut 4.000 guru honor menjadi KKI.

Baca Juga: Sekitar 4.000 Guru Honor Peroleh Data Pokok Pendidikan, Heru Budi Hartono: Ada Lowongan Konrak Kerja Individu

"Anggaran kita itu banyak. Jadi, kami rasa itu akan mencukupi," katanya. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan DKI Budi Awaluddin mengatakan memiliki 4.000 guru honor yang didanai dari bantuan operasional sekolah (BOS) dan tahun ini ada perekrutan 1.700 lewat jalur KKI.

Menurutnya ketika 4.000 guru honor diangkat semua menjadi KKI maka anggaran yang dimiliki oleh Dinas Pendidikan tidak mencukupi untuk itu.

Baca Juga: Seratusan Guru Honor Jakarta yang Sempat di-PHK Sudah Kembali Mengajar

"Kondisi anggaran sudah terbatas dan kita hanya punya dana untuk 1.700 guru. Kalau misalkan mau (4.000 guru) maka harus ada rapat besar," katanya.

Ia menambahkan, bila DPRD Jakarta mau mendukung Dinas Pendidikan, semua guru honor bisa diangkat melalui jalur KKI.

"Mudah-mudahan kalau di-'backup' DPRD bisa seperti itu," ujar Budi.***

Berita Terkait