DECEMBER 9, 2022
Ekonomi Bisnis

Danone Investasi Jutaan Dollar di Negara-negara Islam, Seperti Arab Saudi, Irak, Mesir dan Turki

image
Ilustrasi produk AlSafi Danone di negara Islam (Foto: Danone)

ORBITINDONESIA.COM -- Danone melalui jaringan Bisnis Alsafi Danone terus kucurkan investasi bernilai jutaan dollar di negara-negara Islam seperti Arab Saudi, Irak, Mesir dan Turki. Di Saudi, Danone membangun peternakan dan pabrik pengolahan susu lokal.  Di Irak Danone kucurkan USD18 juta untuk mendorong produksi susu sapi lokal. 

AlSafi yang berdiri tahun 1979 makin melebarkan sayapnya pada tahun 2001. Sejak bekerja sama dengan Danone dan kini menjadi salah satu market leader di Arab Saudi dan Timur Tengah.

AlSafi Danone merupakan salah satu produsen minuman siap saji dengan beragam produk berbasis susu dengan merk AlSafi, Actimel, Danette, Activia, Safio, Alpro dan lain-lain dan produk jus buah siap minum dengan merek Danao. Saat ini perusahaan memiliki 2 pabrik pengolahan dengan 46.000 sapi, 2.643 karyawan dari 102 kebangsaan.

Baca Juga: Ini Produk Dalam Daftar Target Boikot BDS, Tidak Ada Produk Danone

Chairman AlSafi Danone, Ziad Al Tunisi mengatakan perjanjian kerjasama dengan Kerajaan Arab Saudi ini  melambangkan kolaborasi dan kemitraan yang efektif antara sektor swasta dan entitas pemerintah.

“Kerjasama ini bertujuan untuk memberdayakan organisasi sektor swasta untuk merancang program pelatihan di Danone global yang berteknologi maju dan merupakan pemimpin dunia dalam produksi susu dan turunannya,” ujarnya.

Sementara itu, di Irak, Danone juga menggelontorkan investasi 18 juta dolar AS atau setara dengan Rp 292,5 miliar untuk pengembangan dan pemenuhan kebutuhan susu di Irak. Dana ratusan miliar itu juga berasal dari International Finance Corporation (IFC) yang merupakan anggota Kelompok Bank Dunia.

Baca Juga: Pecahkan Rekor MURI, Danone Indonesia Gelar 5.000 Peserta Tarian Sehat Bersama Isi Piringku

Investasi ini membiayai penambahan lini produksi dan distribusi di pabrik AlSafi Danone Irak di Erbil. Masuknya modal tersebut juga membuka banyak lapangan pekerjaan bagi warga setempat.

AlSafi Danone Irak yang merupakan salah satu produsen susu terbesar di Irak yang didirikan pada 2012 lalu. AlSafi Danone Irak didirikan oleh Al Safi Danone dan konglomerat Arab Saudi Al Faisaliah serta Danone dan distributor asal Irak, Al Yasra.

Investasi itu telah menggantikan sebagian impor produk susu olahan dari Kerajaan Arab Saudi (KSA) ke Irak melalui produksi perusahaan lokal. Al Safi Danone kini telah menjadi produsen susu terbesar dan membantu mendorong kemandirian produk susu lokal di Irak.

Baca Juga: Perusahaan AMDK Danone Indonesia Ikut Ambil Bagian, Bantu Atasi Penderitaaan Rakyat Palestina di Gaza

Operasi pabrik AlSafi Danone Irak di Erbil memiliki kapasitas produksi sekitar 59.000 ton per tahun. Investasi miliaran rupiah itu telah meningkatkan kapasitas produksi dan standar distribusi makanan serta menciptakan lebih dari 250 lapangan pekerjaan.

Selain Arab Saudi dan Irak, Danone berencana menggandakan investasi mereka di Mesir guna meningkatkan kapasitas produksi, kualitas produk, kemampuan ekspor hingga peningkatan SDM. Perusahaan juga menargetkan tingkat kerjasama dengan pengusaha lokal mencapai 90 persen pada 2026 mendatang.

Di Mesir, Danone melihat Mesir sebagai pemasok dalam industri makanan dan minuman global. General Manager Danone Mesir, Hesham Radwan mengatakan bahwa Mesir dapat menjadi pusat ekspor tidak hanya produk jadi tetapi juga bahan mentah, kemasan dan jasa.

Baca Juga: Danone Indonesia Kembali Sumbang Korban Gempa di Pulau Bawean Melalui LAZISNU

"Lokalisasi bahan mentah, pengemasan, pengembangan pemasok dan bahan-bahan menekankan peran Mesir dalam industri makanan dan minuman global," kata Hesham Radwan.

Danone juga menggelontorkan investasi sebesar 15.8 juta dolar AS di Turki. Investasi tersebut digunakan untuk mengembangkan pabrik kota Lüleburgaz guna menghasilkan produk nutrisi medis. Pabrik merupakan penghasil produk spesialis nutrisi seperti Fortimel dan Fortini.

Kedua produk merupakan minuman nutrisi yang dibuat khusus untuk membantu tumbuh kembang anak. Atau biasa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi seseorang yang mengalami malnutrisi atau kebutuhan medis tertentu seperti kelumpuhan otak, kanker atau stoke

Baca Juga: Kembali Berprestasi di Kancah Internasional, Danone Indonesia Raih Penghargaan Employee Experience Awards 2024 

"Danone Turki mengoperasikan enam fasilitas produksi dan pusat penelitian dan pengembangan, yang mempekerjakan lebih dari 2.000 orang di seluruh negeri. Tujuan kami adalah menyediakan portofolio lebih dari 20 merek dan produk inovatif kepada konsumen dari segala usia," kata General Manager Danone Turki, Küçükcan.

Produk-produk Alsafi Danone menyebar di 17 negara di Timur Tengah. Tahun 2020, Alsafi Danone menjadi salah satu tempat bekerja terbaik di Arab Saudi.

Tahun 2023 lalu, AlSafi Danone, membantu lulusan baru para mahasiswa di Arab Saudi dengan melakukan transfer knowledge melalui program beasiswa untuk mendapatkan pelatihan praktis di lingkungan kerja nyata.

Baca Juga: Danone Genjot Bisnis di Arab Saudi Melalui AlSafi Danone, Salah Satu Market Leader di Timur Tengah

AlSafi Danone berkomitmen untuk meningkatkan pengetahuan dan teknologi bagi generasi muda yang ada di Arab Saudi. Melalui jaringan Danone Global, program ini memberi kesempatan kepada para lulusan mahasiswa baru di Arab Saudi  untuk mengembangkan karir mereka di AlSafi Danone Group.***

Berita Terkait