DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Lionel Messi Pernah Memandikan Lamine Yamal Sewaktu Pemain Remaja Spanyol itu Masih Bayi

image
Lionel Messi muda memandikan Lamine Yamal sewaktu masih bayi. (internet)

ORBITINDONESIA.COM - Beberapa foto yang memperlihatkan Lionel Messi memandikan pemain remaja Spanyol Lamine sewaktu masih bayi beredar luas di internet.

Foto-foto tersebut bukan hoaks tapi nyata. Foto itu adalah bagian dari kalender amal yang dibuat klub Barcelona bekerja sama Unicef, Organisasi PBB yang bertujuan membantu anak-anak.

Foto tersebut adalah hasil kampanye penerbitan kalender amal pada tahun 2007.

Baca Juga: Lamine Yamal dari Spanyol Pecahkan Rekor Pemain Termuda di Piala Eropa

Tiga organisasi yang berpartisipasi dalam kalender amal ini antara lain surat kabar Sport, Barca Charity Foundation dan United Nations Children's Fund (Unicef).

Produksi pembuatan kalender amal ini edisi perdananya keluar pada 2006.

Waktu itu, sehubungan terburu-buru dalam persiapannya, pihak surat kabar memilih anak-anak yang mendampingi olahragawan adalah anak dari kerabat karyawan.

Baca Juga: Lamine Yamal, Anak Imigran yang Cetak Sejarah Bikin Gol Termuda di Piala Eropa

Kebanyakan dari mereka adalah anak-anak berkulit putih, yang tidak mempunyai hubungan dengan pekerjaan yang dikerjakan Unicef di seluruh dunia.

Oleh karena itu, untuk mempersiapkan edisi kedua, Unicef menghabiskan waktu beberapa bulan untuk memilih.

Salah satu bayi terpilih berasal dari lingkungan Rocafonda, Catalunya.

Baca Juga: Piala Eropa 2024: Lamine Yamal Berambisi Bawa Spanyol Juara  

Dalam undian antarorang tua yang anaknya ingin ikut serta, ada orang tua dari bayi berusia lima bulan bernama Lamine Yamal.

Pemilihan pemain yang berpartisipasi menjadi tanggung jawab departemen media Barcelona.

Secara kebetulan, di hari pertama Lamine Yamal dan orang tuanya tiba di Stadion Camp Nou, pemain yang dipilih klub adalah Lionel Messi.

Baca Juga: Si Pencetak Gol Termuda di Piala Eropa Lamine Yamal Berikan Rumahnya untuk Neneknya dan Beli Rumah Baru untuk Ibunya

Waktu itu, Messi baru menjadi seorang pemain muda yang menjanjikan, bukan bintang seperti Ronaldinho, Deco, atau Samuel Eto'o.

Fotografer olahraga Joan Monfort mendapat ide untuk mengambil foto Yamal di bak mandi, seperti yang ia dan istrinya kerjakan ketika memandikan putri mereka Jana di rumah.

Ia lalu membawa baskom, handuk, dan bebek karet kuning yang sering dimainkan putrinya.

Ketika tiba waktunya untuk berfoto, Monfort mengisi baskom dengan air, sedangkan Messi, yang belum pernah menggendong bayi sebelumnya, dengan takut-takut masuk dan, bersama ibu Yamal, memasukkan anak laki-laki itu ke dalam air.

Segalanya tidak berjalan mudah sampai mainan bebek karet muncul.

Sejak itu, situasi menjadi tenang dan Monfort mengambil kamera.

Sekarang, setelah 16 tahun setelah foto tersebut, Yamal berubah menjadi bintang Barcelona yang memperkuar tim nasional Spanyol.

Penyerang sayap kanan ini mencetak rekor pemain termuda yang bermain untuk tim di usia 16 tahun 57 hari, dan pemain termuda di Piala Eropa 2024 di usia 16 tahun 338 hari.

Yamal membuat tiga assist di Piala Eropa 2024. Ia menyamai rekor pemain tim nasional Spanyol Cesc Fabregas tahun 2008, David Silva 2012, dan Dani Olmo 2021. ***

Sumber: Beritasatu.com

Berita Terkait