DECEMBER 9, 2022
Ekonomi Bisnis

Kabupaten Bekasi Sambut Peresmian Tol Cimanggis-Cibitung untuk Permudah Konektivitas Antarwilayah

image
Pelaksana harian Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Iyan Priyatna (batik biru) menghadiri peresmian Jalan Tol Cimanggis-Cibitung di Jembatan Sungai Cileungsi KM 57+400 Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, Kabupaten Bogor pada Selasa, 9 Juli 2024. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

ORBITINDONESIA.COM - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menyambut peresmian operasional Jalan Tol Cimanggis-Cibitung sebagai upaya pemerintah pusat mempermudah konektivitas antar wilayah.

Pelaksana harian Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Iyan Priyatna mengatakan pembukaan akses jalan tol Cimanggis-Cibitung tersebut memberikan kemudahan aksesibilitas kepada masyarakat maupun pelaku usaha di kawasan industri, baik yang berada di wilayah Kabupaten Bekasi maupun luar daerah khususnya Kabupaten Bogor.

"Tentu kami menyambut diresmikannya tol Cimanggis-Cibitung ini. Kemarin saya juga hadir langsung, selain memudahkan kendaraan pengangkut barang dari kawasan industri di Kabupaten Bekasi yang akan menuju Kabupaten Bogor ataupun sebaliknya, masyarakat juga mempunyai akses yang lebih cepat," katanya di Cikarang, Rabu, 10 Juli 2024.

Baca Juga: Waduh, Gara-gara Tanah Longsor di Jalan Tol Bocimi, Waktu Tempuh Sukabumi - Bogor Mencapai 6 Jam

Dia mengatakan, pemerintah daerah berupaya menyempurnakan infrastruktur pendukung dengan sejumlah fasilitas di area Gerbang Tol Cimanggis-Cibitung di wilayah itu guna mendukung program strategis nasional ini.

"Nanti coba kita komunikasikan terkait fasilitas di sekitar pintu keluar tol seperti apa. Kita berharap ekonomi Kabupaten Bekasi bisa meningkat lebih cepat lagi," katanya.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan, keberadaan infrastruktur jalan tol mampu menguatkan pertumbuhan ekonomi sekaligus pemerataan pembangunan melalui efisiensi serta efektivitas kegiatan perekonomian.

Baca Juga: Sembilan Orang Dilaporkan Meninggal dalam Kecelakaan di Jalur Contraflow KM 58 Jalan Tol Jakarta-Cikampek

"Terlebih di wilayah kita yang notabene pusat kawasan industri. Tentu ini akan mempermudah akses angkutan barang dari maupun menuju kawasan industri," katanya.

Peresmian ruas tol ini berdasarkan SK Menteri PUPR Nomor 1626/KPTS/M/2024 yang menyebutkan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Segmen Simpang Susun Cikeas sampai dengan Junction Cibitung sepanjang 19,65 kilometer telah memenuhi persyaratan laik fungsi secara teknis, administratif, dan sistem operasi tol sehingga dapat dioperasikan.

Ruas Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Segmen Simpang Susun Cikeas sampai dengan Junction Cibitung ini dijadwalkan beroperasi tanpa tarif pada Rabu 10 Juli 2024 mulai pukul 06.00 WIB.***

Sumber: Antara

Berita Terkait