DECEMBER 9, 2022
Jakarta

Pilkada Jakarta: PKS Resmi Usung Anies Baswedan-Mohamad Sohibul Iman

image
Arsip foto - Anies Baswedan (kiri) memberi salam kepada Presiden PKS Ahmad Syaikhu (kanan). (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Dewan Pimpinan Tingkat Pusat Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memutuskan mengusung Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon gubernur dan Mohamad Sohibul Iman sebagai bakal calon wakil gubernur di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jakarta tahun 2024.

"Maka Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) PKS pada rapatnya di hari Kamis, 20 Juni 2024 telah memutuskan mengusung Bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon gubernur dan Bapak Mohamad Sohibul Iman sebagai bakal calon wakil gubernur pada Pilkada DKI Jakarta tahun 2024," kata Presiden PKS Ahmad Syaikhu sewaktu membuka Sekolah Kepemimpinan Partai DPP PKS, Jakarta, Selasa 25 Juni 2024.

Dia mengatakan, struktur DPW PKS DKI Jakarta telah mengusulkan beberapa tokoh bakal calon gubernur, termasuk di antaranya Anies Rasyid Baswedan dan Mohamad Sohibul Iman.

Baca Juga: Pilkada Jakarta: PKS Jagokan Mohamad Sohibul Iman

Tokoh tadi kemudian dibahas dalam rapat dengan mempertimbangkan calon yang memiliki rekam jejak pengalaman kepemimpinan di eksekutif maupun legislatif, memiliki kredibilitas dan kapasitas, serta peluang menangnya besar.

Dia menjelaskan, DPP PKS memutuskan mengusung Anies Baswedan-Mohamad Sohibul Iman dengan mempertimbangkan usul dari struktur DPW PKS serta mendengarkan berbagai masukan tokoh, ulama, tokoh lintas agama, cendekiawan, sampai masyarakat.

"Ada yang sudah mereka-reka juga singkatannya AMAN,” ungkapnya.

Baca Juga: Jubir PKS Ahmad Mabruri: Sosok Pendamping Sohibul Iman di Pilkada Jakarta Tunggu Terbentuknya Koalisi

Dia optimistis Anies Baswedan-Sohibul Iman adalah kandidat yang memiliki peluang menang besar.

"Bapak Anies Rasyid Baswedan sukses menjadi Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 dengan berbagai torehan prestasi di sektor pembangunan, berhasil memajukan kota dan membahagiakan warganya. Sementara, Bapak Sohibul Iman seorang teknokrat juga cendekiawan," ujarnya.

PKS menyadari tidak bisa sendirian mengusung mereka, karena jumlah kursi belum memenuhi syarat.

Baca Juga: Zulkifli Hasan: PAN Tampung Usulan Duet Kaesang Pangarep - Zita Anjani di Pilkada Jakarta

"PKS telah membangun komunikasi dengan Partai NasDem dan alhamdulillah mendapat sinyal positif,” katanya.

Selanjutnya, rencana pertemuan dengan PKB juga sudah dirancang dan akan dilaksanakan," katanya. ***

Berita Terkait