DECEMBER 9, 2022
Nusantara

Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang Kembali Gelar Lomba Bank Sampah 2024

image
Tim juri melakukan penilaian Lomba Bank Sampah 2024 di salah satu bank sampah di Semarang. ANTARA/HO-DLH Kota Semarang

ORBITINDONESIA.COM - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Semarang kembali menggelar Lomba Bank Sampah 2024 yang menjadi rangkaian kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Kepala Bidang Pengawasan dan Pemberdayaan Lingkungan DLH Kota Semarang Arry Susilo Wardhani, di Semarang, Selasa, 25 Juni 2024, menyebut para peserta lomba bank sampah adalah perwakilan dari 16 kecamatan di Kota Semarang.

Masing-masing kecamatan mengirimkan perwakilan bank sampahnya, namun bagi bank sampah yang telah mendapatkan juara pada periode sebelumnya tidak diperbolehkan ikut.

Baca Juga: Bukan Gelas Plastik, Namun Sampah Saset Justru Jadi Penyumbang Sampah Plastik Terbesar di Indonesia

Menurut dia, lomba bank sampah itu bertujuan mendorong perkembangan kuantitas dan kualitas bank sampah, serta memberikan apresiasi bagi pengelolaan bank sampah dengan kinerja terbaik.

"Untuk kriteria yang menjadi penilaian antara lain keaktifan pengurus dan nasabah, fasilitas, tata kelola, partisipasi dan pemberdayaan masyarakat, serta kemitraan dan inovasi bank sampah," katanya.

Ia menyebutkan pendaftaran lomba dimulai pada 26 April sampai 10 Mei 2024, dan telah dilakukan seleksi lapangan oleh tim juri pada 20-27 Mei 2024.

Baca Juga: Heru Budi Hartono Usulkan Pulau Pengolahan Sampah untuk Wilayah Aglomerasi Jakarta 100 Tahun ke Depan

"Tinggal menunggu pengumuman pemenang. Untuk (waktu) pengumuman pemenang masih menunggu informasi. Nanti akan diberitahukan," katanya.

Lebih lanjut, Arry menambahkan para pemenang berhak mendapatkan penghargaan berupa piagam dan uang tunai sebagai kompensasi pengalihan hak publikasi.

Juara pertama mendapatkan Rp10 juta, juara kedua sebesar Rp8,5 juta, sedangkan juara ketiga Rp7 juta.

Baca Juga: Korea Utara Kirim Lagi 720 Balon Berisi Sampah ke Korea Selatan dan Terus Mengganggu Sinyal GPS

"Untuk juara harapan 1 mendapat uang tunai sebesar Rp6 juta, juara harapan 2 Rp5,5 juta, dan juara harapan 3 mendapat uang tunai Rp4 juta," katanya.

Dengan digelarnya lomba bank sampah setiap tahun, ia berharap bisa meningkatkan peran masyarakat dalam pengelolaan sampah melalui bank sampah yang ada di lingkungannya. Termasuk, mendorong masyarakat yang selama ini belum memiliki bank sampah di lingkungannya untuk membuatnya sebagai upaya pengelolaan sampah.

"Dan dengan adanya lomba ini secara otomatis akan menambah jumlah bank sampah yang ada di Kota Semarang," katanya.

Baca Juga: Jakarta Selatan Ajukan Bank Sampah Kebagusan dalam Program Kampung Iklim Tingkat Nasional

Berdasarkan data DLH Kota Semarang, hingga kini sudah ada sebanyak 497 bank sampah di Kota Semarang yang terdaftar dan menjadi binaan dinas tersebut. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait