DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Banjarmasin Sasirangan Festival 2024 Digelar untuk Majukan Perajin dan Desain Motif

image
Penampilan desain motif Sasirangan pada lomba desain motif Sasirangan dalam rangkaian Banjarmasin Sasirangan Festival 2024 di Rumah Anno Siring Banjarmasin, Senin, 24 Juni 2024. ANTARA/HO-Humas Pemkot Banjarmasin.

ORBITINDONESIA.COM - Pemerintah Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan menggelar Banjarmasin Sasirangan Festival 2024, yang dalam rangkaiannya juga untuk memajukan eksistensi perajin dan desain motif.

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina di Banjarmasin Senin, 24 Juni 2024, menyampaikan, Banjarmasin Sasirangan Festival atau BSF digelar setiap tahun, di mana ini sudah tahun yang kedelapan.

Kegiatan Banjarmasin Sasirangan Festival tersebut bertujuan untuk mempromosikan kain Sasirangan yang merupakan kain batik khas provinsi ini, sekalian untuk memajukan eksistensi kerajinan dan desain motifnya.

Baca Juga: Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin Buka 11 Rute di Libur Akhir Tahun

Ibnu Sina juga memberikan apresiasi kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota setempat menggelar lomba desain motif Sasirangan yang bertema "Pesona seribu sungai".

Ibnu Sina didampingi sang istri yang merupakan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah meninjau langsung kegiatan di Rumah Anno, Siring Banjarmasin.

Sebanyak 47 perajin atau peserta yang mengikuti lomba tersebut dengan menampilkan beragam karya terbaik.

Baca Juga: Peserta dari Negara Asia Tenggara Termasuk Malaysia dan Singapura Ikuti MTQ Antarbangsa di Banjarmasin

Menurut Ibnu Sina, karya desain motif Sasirangan yang ditampilkan para peserta sangat bagus.

"Hari ini kita sudah mulai acara lomba motif kain Sasirangan dalam rangkaian acara BSF ke-8, sekilas kita melihat ini karyanya bagus-bagus semua," ungkapnya.

Dia menyatakan, desain motif terbaik dari kegiatan itu bakal dijadikan seragam untuk kegiatan Kongres Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) di Kota Banjarmasin pada September 2024.

Baca Juga: Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan Intervensi Serentak untuk Cegah dan Turunkan Angka Stunting

"Demikian juga saat perayaan Hari Jadi ke-498 Kota Banjarmasin pada 2024," ujarnya.

Dia juga berjanji, bagi karya terbaik peserta di kegiatan ini dipromosikan ke tingkat provinsi hingga nasional.

"Kita ikutkan juga pada perlombaan tingkat provinsi," ujarnya.

Baca Juga: Dua Lagi Jemaah Haji Embarkasi Banjarmasin Kalimantan Selatan Meninggal Dunia di Mina, Arab Saudi

Dari laporan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Banjarmasin Ichrom Muftezar, untuk peserta kegiatan ini ada yang menggunakan pewarna tekstil atau kimia dari alam.

"Semua menampilkan karya yang terbaik," ujarnya.***

Sumber: Antara

Berita Terkait