DECEMBER 9, 2022
Jakarta

Pilkada Jakarta: PDI Perjuangan Buka Peluang Gandeng PKB Dukung Anies Baswedan

image
Anies Baswedan menulis pesan ke dinding Sekretariat Aceh Bergerak di Banda Aceh, Sabtu 4 Mei 2024. (ANTARA/HO)

ORBITINDONESIA.COM - Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan membuka peluang kerja sama dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendukung Anies Baswedan kembali menjadi bakal calon gubernur Jakarta.

"Sangat mungkin pembicaraan mengenai kerja sama politik mengenai calon yang diusung dari PKB, dalam hal ini Pak Anies Baswedan, dibicarakan dengan calon yang mungkin akan kami usung dari PDI Perjuangan," kata Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah saat ditemui di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Sabtu 8 Juni 2024.

Menurut Basarah, PDI Perjuangan masih berupaya mencari sosok yang tepat untuk diusung di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jakarta.

Baca Juga: DPP Partai Demokrat Pastikan, Anies Baswedan Tak Termasuk yang Digodok untuk Bakal Calon Gubernur Jakarta

Opsi kedua, selain mencari tokoh yang tepat di internal kader, PDI Perjuangan juga membuka opsi untuk bekerja sama dengan partai-partai lain, termasuk PKB.

Meski demikian, rencana menduetkan calon dari PDI Perjuangan dan PKB, kata Basarah, masih dibahas di internal partainya.

PDI Perjuangan mengusulkan nama Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi.

Baca Juga: Pilkada Jakarta, Hidayat Nur Wahid: PKS Usul Anies Baswedan Maju Lagi

"Calon gubernurnya Pras, 'kan dia sudah dua kali jadi Ketua DPRD Provinsi DKI," kata Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta Adi Wijaya kepada wartawan di Jakarta, Jumat 24 Mei.

Adi menuturkan, partainya masih mencari koalisi untuk dipasangkan dengan Prasetyo.

"Pak Anies kuat ya di DKI. Itu harus diakui kalau kita lihat dari kemarin Pilpres yang mendukung Pak Anies suaranya naik semua," ujarnya. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait