DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Universitas Indonesia dan 3 Kampus Korea Selatan Bangun Selatan Kerja Sama Pendidikan

image
Dekan FIB UI, Bondan Kanumoyoso bersama Rektor Baekseok University dan pimpinan Kemendikbudristek dalam Diskusi Kerja Sama dan Serah Terima Naskah MoU. (ANTARA/ Foto: Humas UI)

ORBITINDONESIA.COM - Universitas Indonesia (UI) siap perluas kerja sama dengan tiga kampus di Korea Selatan.

Ketiga kampus itu adalah Korea Nazarene University, Baek Seok University, dan Kyung-In Women's University.

Jalinan kerja sama ini dibahas dalam kunjungan delegasi UI yang dipimpin oleh Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB), Bondan Kanumoyoso, ke tiga universitas yang berlokasi di Cheonan City dan Incheon tersebut.

Baca Juga: Dua Alumnus Universitas Indonesia, Imam Budi Hartono dan Ririn Farabi Arafiq Maju Pilkada Depok 2024

"Kerja sama akan berfokus pada penyediaan pendidikan berkualitas," kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Keterbukaan Informasi Publik UI Amelita Lusia, Sabtu 1 Juni 2024.

Dengan Nazarene University, delegasi UI mengusulkan kerja sama pengembangan laboratorium riset bahasa isyarat di FIB UI, mengingat universitas tersebut memiliki kekhasan pada pendidikan difabel.

"Kolaborasi ini dapat membuka peluang pertukaran pelajar.”

Baca Juga: THE Asia University: Universitas Indonesia adalah Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia

Kampus UI juga membuka peluang pertukaran mahasiswa dan dosen dengan Baek Seok University karena universitas ini adalah salah satu perguruan tinggis swasta terbesar di Korea Selatan yang bekerja sama dengan kampus terkemuka di dunia.

Dengan Kyung In Women’s University, delegasi UI menawarkan penerimaan mahasiswa dari universitas tersebut, khususnya melalui program pertukaran dan perolehan kredit (credit earning).

Selain menjajaki kerja sama, delegasi UI mendatangi smart farm di Korea Nazarene University, yang mengembangkan beberapa jenis buah, seperti timun, melon, dan stroberi, dengan basis data artificial intelligence.

Baca Juga: Dosen Universitas Indonesia Muhamad Syauqillah: Moderasi Beragama Wajib Dimiliki Insan Indonesia

Delegasi UI juga menghadiri pembukaan Cheonan K-Culture Expo 2024 yang menjadi event ekspose secara besar-besaran kebudayaan kontemporer Korea yang mendunia, seperti K-pop, K-drama, K-film, dan K-kuliner.

Bondan Kanumoyoso berterima kasih kepada VOGO Group Korea yang menjembatani kerja sama ini. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait