DECEMBER 9, 2022
Jakarta

Kanwil Kemenkumham Jakarta Bentuk Desa Binaan Imigrasi

image
Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, R. Andika Dwi Prasetya memberi sambutan dalam sosialisasi dan pencanangan desa binaan imigrasi di Kelapa Gading Jakarta Utara, Selasa 28 Mei 2024. (ANTARA/HO-Kantor Imigrasi)

ORBITINDONESIA.COM – Kanwil Kemenkumham Jakarta mencanangkan pembentukan desa binaan imigrasi untuk mencegah perdagangan orang, khususnya perempuan dan anak.

Menurut Kepala Kanwil Kemenkumham Jakarta, R Andika Dwi Prasetya ketika memberi sambutan dalam sosialisasi dan pencanangan desa binaan iImigrasi di Jakarta, Selasa, lebih dari 1.500 kasus tindak pidana perdagangan orang sepanjang 2020-2022.

"Total 1.581 korbannya,” katanya.

Baca Juga: Imigrasi Jakarta Barat Amankan 2 Warga Negara Asing Asal Nigeria dan Kamerun

Andika mengungkapkan, penyalur pekerja migran memberi iming-iming gaji besar kepada korban yang mayoritas adalah perempuan atau bahkan anak dengan usia muda.

"96 persen korban kejahatan tadi adalah perempuan dan anak," tambahnya.

Dia berharap desa binaan imigrasi dapat menekan angka kejahatan yang menyasar pekerja tujuan luar negeri.

Baca Juga: Direktorat Imigrasi: Orang Asing yang Langgar Undang-undang Bisa Dibatalkan Izin Tinggalnya

Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Utara, Qriz Pratama mengatakan,n sosialisasi dan pencanangan desa binaan imigrasi dilaksanakan dalam bentuk diskusi dengan mengundang pemangku kepentingan terkait di kewilayahan.

Menurutnya, desa binaan imigrasi adalah program dari Direktorat Intelijen Keimigrasian yang akan dilaksanakan di beberapa kota dan provinsi, khususnya desa-desa yang sulit mengakses keimigrasian dan desa kantong pekerja migran. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait