DECEMBER 9, 2022
Ekonomi Bisnis

Tarik Investor Asing, Menteri Sandiaga Uno Dukung International Tourism Investment Forum

image
Sandiaga Uno (kanan). (OrbitIndonesia/kiriman)

ORBITINDONESIA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendukung International Tourism Investment Forum (ITIF) 2024 sebagai momentum meningkatkan investasi di sektor pariwisata berkelanjutan.

Dalam The Weekly Brief With Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta 13 Mei 2024, Sandiaga mengatakan, kegiatan ini telah diselenggarajan kedua kalinya.

Kali ini, ITIF di kawasan proyek strategis nasional (PSN) Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara.

Baca Juga: Gandeng Puluhan Mitra Co Branding Wonderful Indonesia, Sandiaga Uno Luncurkan Program Belanja Ekstra Murah

Pada 2023, ITIF dilaksanakan di kawasan Nusa Dua, Bali.

(ITIF 2024) mengusung tema Elevating Tourism Investment for Sustainable Growth dan platform ini memang kita arahkan kepada sustainable tourism karena planet, people, dan prosperity selalu menjadi acuan (pengembangan parekraf), ujar Sandiaga.

Deputi Bidang Industri dan Investasi Rizki Handayani menambahkan ITIF akan berlangsung pada 5-6 Juni 2024 di Swissotel PIK.

Baca Juga: Sandiaga Uno: Peran Perempuan dan Kesetaraan Gender Jadi Perhatian Dalam Konferensi PBB Tentang Pariwisata 

Juga diisi beberapa side event seperti roundtable session dengan beberapa delegasi negara seperti India dan Rusia terkait investasi di sektor parekraf.

"Ada juga roundtable yang berkait potensi peluang Indonesia secara umum di mana Pemerintah Daerah yang punya project yang akan ditampilkan project plan di hadapan calon investor,” kata Rizki.

Direktur Promosi Wilayah Amerika dan Eropa, Sri Endang Novitasari menjelaskan, investasi di sektor pariwisata memiliki masa pemulihan sangat cepat.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno: World Water Forum Berpotensi Bawa Rp800 Miliar untuk Ekonomi Bali

Tercatat pada masa pandemi COVID-19 (2020), investasi sektor parekraf turun hingga 35 persen.

Tahun 2021, ada kenaikan investasi sampai 46 persen.

Wakil Ketua Umum Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kamar Dagang dan Industri Indonesia, Triawan Munaf, berharap ITIF mampu meningkatkan investasi asing.

Baca Juga: Di World Water Forum di Bali, Sandiaga Uno: Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Siapkan Indonesia Pavilion

Masyarakat dan pelaku usaha yang berminat ikut acara ini  bisa mendaftarkan diri di situs itif.co.id.

Berita Terkait