DECEMBER 9, 2022
Nusantara

Pemprov Papua Tengah Mulai Merekrut Tim Paskibraka 2024, Proses Seleksi Dilakukan Transparan

image
Foto bersama pada kegiatan pembukaan seleksi Paskibraka pada salah satu sekolah di Provinsi Papua Tengah, Selasa, 14 Mei 2024. (ANTARA/HO-Pemprov Papua Tengah)

ORBITINDONESIA.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Tengah mulai melakukan perekrutan tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka 2024, guna mempersiapkan tugas mereka pada upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia (RI) di wilayah setempat.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Papua Tengah, Thepilus Lukas Ayomi dalam siaran pers di Jayapura, Selasa, 14 Mei 2024, mengatakan tahap rekrutmen dan seleksi Paskibraka dilaksanakan secara transparan.

Thepilus menjelaskan, seluruh peserta calon Paskibraka akan mengikuti seleksi, antara lain pengecekan administrasi, tinggi badan, dan kesehatan.

Baca Juga: Menjelang HUT ke 78 RI Ketahuilah Perbedaan Tugas Paskibra dan Paskibraka pada Upacara 17 Agustus

“Hingga kini sebanyak 163 orang pelajar dari delapan kabupaten se-Papua Tengah sedang mengikuti seleksi sebagai calon anggota Paskibraka, baik untuk tingkat provinsi maupun nasional,” katanya.

Ia menjelaskan, seleksi akan dilakukan oleh Kesbangpol bekerja sama dengan pengurus Purna Paskibraka Indonesia (PPI) dan TNI-Polri.

"Pendaftaran kami lakukan secara online melalui paskibraka.bpip.go.id, hari ini secara resmi pula kami gelar acara pembukaan dan selanjutnya para peserta akan mengikuti proses seleksi," ujarnya.

Baca Juga: PT Pegadaian Beri Beasiswa Tabungan Emas Bernilai Total Rp291 Juta kepada Paskibraka 2023

Dia menjelaskan, kurang lebih 42 putra dan putri terbaik di Provinsi Papua Tengah akan direkrut menjadi anggota Paskibraka di level provinsi dan empat orang akan direkrut untuk selanjutnya mengikuti seleksi tingkat nasional.

"Penjabat gubernur berpesan, tidak boleh ada proses perekrutan atas dasar keluarga, kenalan dan titipan untuk itu kami berharap agar para peserta benar-benar mempersiapkan diri, selama proses perekrutan,” katanya.

Dia berharap putra dan putri terbaik Provinsi Papua Tengah yang terpilih nantinya dapat membawa harum nama daerah asal sehingga harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait