DECEMBER 9, 2022
Olahraga

14 Klub Sepak Bola Papan Atas di Asia Tenggara Siap Bertanding di Kualifikasi ASEAN Club Championship Juli

image
Logo ASEAN Club Championship (ACC) Shopee Cup 2024/2025, Jakarta, Jumat 10 Mei 2024. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Sebanyak 14 klub terbaik di Asia Tenggara bersiap bertanding di kualifikasi ASEAN Club Championship (ACC) Shopee Cup musim 2024/2025 mulai Juli.

Klub-klub sepak bola papan atas di Asia Tenggara akan memulai perjalanan untuk meraih hadiah dengan total 3 juta dollar AS dalam kompetisi itu.

Presiden Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF), Khiev Sameth, mengatakan kompetisi klub antarnegara di kawasan Asia Tenggara itu akan menjanjikan pertandingan menarik, sehingga menjadi tontonan yang menghibur pecinta sepak bola.

Ia mengatakan, sebanyak 14 klub unggulan dari 10 negara ASEAN akan berpartisipasi, dengan 12 tim yang akan memastikan posisinya untuk dapat bertanding dalam fase grup.

Ia menambahkan, Young Elephants FC dari Laos akan melawan tim dari Kamboja, Svay Rieng FC, Kasuka FC dari Brunei Darussalam melawan tim dari Myanmar, Shan United FC.

Tim-tim tersebut akan bertanding di babak playoff dengan sistem kandang dan tandang, pada 17 dan 24 Juli 2024, guna memperebutkan tempat sebelum fase grup dimulai pada 21 Agustus.

Dua grup, yaitu A dan B yang masing-masing terdiri dari enam tim akan saling berhadapan dalam lima pekan pertandingan tengah pekan dengan hasil yang akan ditentukan menggunakan sistem setengah liga (round-robin) kandang dan tandang, serta klub-klub dari asal negara yang sama juga tidak bertemu satu sama lain pada fase awal.

Itu berarti, katanya, perwakilan Thai League (Thailand), yakni BG Pathum United FC telah diundi bergabung dalam Grup A untuk bertanding melawanTerengganu FC (Malaysia), PSM Makassar (Indonesia), dan Dong A Thanh Hoa FC (Vietnam).

Klub-klub tersebut, bakal memperebutkan dua posisi teratas untuk lolos ke babak kualifikasi fase gugur selanjutnya.

Untuk Grup B, terdiri dari Buriram United FC (Thailand), Kuala Lumpur City FC (Malaysia), Công An Hà Nôi FC (Vietnam), Borneo FC (Indonesia), serta Kaya FC (Filipina), dan Lion City Sailors (Singapura).

Menurutnya, dua pemenang teratas dari setiap grup akan maju ke babak semifinal, yang digelar pada 2 dan 30 April 2025 dengan sistem kandang dan tandang.

Begitu juga dengan babak final yang diselenggarakan pada 14 Mei dan 21 Mei 2025. Sedangkan tempat pertandingan dan jadwal kick off kompetisi akan diumumkan panitia pada waktu yang akan datang.

Selain itu, tambahnya, panitia juga telah meluncurkan ASEAN United FC, dengan platform digital resmi aseanutdfc.com dan @aseanutdfc untuk empat kompetisi utama AFF termasuk Shopee Cup, sehingga para penggemar bisa terus menyaksikan pertandingan terkini.

Terpilihnya PSM Makassar untuk mewakili Indonesia dalam ASEAN Club Championship 2024/2025, karena klub itu adalah juara Liga 1 musim 2022/2023.

Sedangkan Borneo FC menggantikan posisi runner up pada musim yang sama, yaitu Persija Jakarta, karena sebelumnya telah menyatakan diri untuk tidak ikut berpartisipasi dalam kompetisi internasional itu. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait