DECEMBER 9, 2022
Nasional

Juru Bicara: Prabowo-Gibran akan Bangun Kedutaan Besar Republik Indonesia di Palestina

image
Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di salah satu kesempatan beberapa waktu lalu. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Juru bicara tim kampanye nasional (TKN), Dahnil Anzar Simanjuntak, mengungkap, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memiliki program mendirikan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Palestina dan mengangkat utusan khusus.

Dahnil mengungkapkan hal itu saat menanggapi tingginya dukungan publik kepada Palestina yang sedang melawan serangan Israel di Kota Gaza.

Hal ini diprediksi akan menjadi salah satu tema pembahasan dalam debat ketiga calon presiden Minggu 7 Januari 2024.

"Prabowo-Gibran punya target program khusus, yaitu memperjuangkan kedutaan besar kita (RI). Itu ada di visi dan misi kami," kata Dahnil dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis 4 Januari 2024.

Komitmen Prabowo-Gibran mendirikan KBRI di Palestina dan mengangkat utusan khusus tersebut, katanya, menjadi simbol konsistensi diplomasi Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina.??????

Ia mengatakan, KBRI yang paling dekat dengan Palestina sekarang ini ada di Amman, Yordania di mana kedutaan besar tersebut berfungsi tak hanya sebagai pembawa misi diplomatis RI untuk Kerajaan Hasyimiyah Yordania, tetapi juga merangkap sebagai perwakilan Indonesia untuk Palestina.

"Kemerdekaan Palestina adalah amanat sejarah dan kemanusiaan bangsa Indonesia.”

“Palestina jadi satu-satunya negara yang hadir di Konferensi Asia Afrika di Bandung tahun 1955, tetapi sampai sekarang ini belum merdeka.”

“Jadi, Prabowo-Gibran akan konsisten tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel dan memperkuat dukungan diplomasi untuk Palestina merdeka," tambahnya. ***

Sumber: Antara

Berita Terkait