DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Elektabilitas Ganjar-Mahfud Kembali Melejit Usai MKMK Pecat Anwar Usman Akibat Pelanggaran Etik Berat

image
Elektabilitas Ganjar-Mahfud Kembali Melejit Usai MKMK Pecat Anwar Usman Akibat Pelanggaran Etik Berat

ORBITINDONESIA.COM- Elektabilitas Capres-Cawapres, Ganjar Pranowo-Mahfud Md kembali melejit mengalahkan Prabowo-Gibran dan Anies-Cak Imin.

Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) merilis hasil survei elektabilitas pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD unggul, Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) memecat Anwar Usman dari posisi Ketua MK.

Wakil Direktur LPI Ali Ramadhan mengatakan, elektabilitas Ganjar-Mahfud MD mencapai 38,75 persen.

Baca Juga: Rumah Sakit Al Shifa di Gaza, Palestina Menjadi Target Israel, Ini Alasan Mengapa Tempat Ini Sangat Penting

“Elektabilitas pasangan pasangan Ganjar-Mahfud 38,75 persen, Prabowo-Gibran 34,25 persen dan Anies-Muhaimin 24,00 persen. Sedangkan yang memilih tidak tahu atau tidak menjawab adalah 3,00 persen," kata Ali dikutip dari Antara, Jumat 17 November 2023.

Menurut Ali, survei LPI juga memotret tanggapan publik terhadap putusan MKMK.

Diketahui, MKMK menvonis bahwa benar ada pelanggaran kode etik berat, terkait putusan kontroversial MK tentang batas usia pencalonan calon presiden dan calon wakil presiden.

Baca Juga: BEM Universitas Andalas Padang Minta Mahfud MD Sampaikan Visi Kebangsaan di Kampus Mereka, Netizen: Dari Padang Siap Dukung

Baca Juga: KPK Tetapkan Kajari Bondowoso Puji Triasmoro Sebagai Tersangka Korupsi, Semua Berawal dari Rayuan Ini

Kata dia, hasilnya 28,50 persen responden mengatakan sangat puas dengan putusan MKMK dan 15,25 persen responden mengaku puas dengan putusan MKMK, jika ditotal menjadi 43,75 persen.

Sisanya, 25,35 persen responden mengaku kurang puas dan 29,55 persen mengaku tidak puas, dengan total 54,9 persen. Sedangkan 1,35 persen mengaku tidak tahu dan tidak menjawab***

 

 

Berita Terkait