DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

6 Alasan Kamu Perlu Tanam Lidah Buaya di Rumah, Penyejuk Ruangan Sampai Penyembuh Luka

image
Tanam Lidah Buaya di rumah, bisa jadi penyejuk

ORBITINDONESIA.COM - Lidah buaya atau aloe vera adalah salah satu tanaman hias yang kaya manfaat. Tidak saja penghias, tumbuhan ini juga bikin rumah adem serta sejumlah manfaat lain. 

Lidah buaya tidak saja jadi pilihan budidaya petani, tetapi wajib kamu tanam di halaman jika ingin bikin adem rumah. Ini bisa menjadi hobi yang menyenangkan. 

Sejumlah penelitian menyebutkan, lidah buaya sebagai salah satu tanaman hias yang paling efektif jadi penyejuk ruangan. Juga ada manfaat medis lain seperti penyembuh luka. 

Baca Juga: Prediksi Skor Persita Tangerang Melawan PSM Makassar di Pekan Ke 7 BRI Liga 1 Waktunya Bangkit

Menanam lidah buaya di halaman rumah dapat memberikan berbagai manfaat bagi Anda dan lingkungan di sekitar. 

Berikut adalah enam alasan kamu perlu tanam Lidah Buaya di rumah, seperti dilansir dari channel YouTube Kebun Indra Tarigan 

1. Menyejukkan Ruangan:

Lidah buaya memiliki kemampuan untuk menyaring udara dan melepaskan oksigen di malam hari. Hal ini membuatnya menjadi tanaman hias yang efektif untuk menyejukkan ruangan dan menciptakan lingkungan yang lebih segar dan nyaman untuk dihuni.

Baca Juga: Saiful Huda Ems: Menentukan Pasal untuk Rocky Gerung, Bisa Dijerat dengan Pasal Perbuatan Fitnah

2. Penyembuh Luka:

Getah lidah buaya yang kaya akan gel memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba. Tanaman ini telah lama digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi luka bakar, gigitan serangga, serta luka ringan lainnya.

Memiliki lidah buaya di halaman rumah Anda berarti Anda memiliki obat alami yang siap digunakan untuk mengatasi luka secara efektif.

3. Manfaat untuk Rambut:

Gel lidah buaya ternyata kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan rambut. Mengoleskan gel lidah buaya ke kulit kepala membantu mengatasi masalah rambut seperti ketombe, gatal, dan rambut kering.

Baca Juga: Max Hendrian Sahuleka: 3 Pengendara Motor Bajingan

Selain itu, gel lidah buaya juga membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan memberikan kilau alami.

4. Penghias Rumah yang Cantik:

Selain manfaat kesehatan, lidah buaya juga memiliki bentuk daun yang menarik dan cantik. Tanaman ini menambahkan sentuhan estetika alami ke dalam halaman rumah Anda. Lidah buaya bisa ditempatkan dalam pot atau di taman kecil, dan tampilannya yang eksotis akan menjadi daya tarik bagi penghuni dan tamu rumah Anda.

Kamu bisa menambahkan batu-batu atau kerikil berwarna di atas tanah yang digunakan untuk menanam lidah buaya. Sehingga akan menambah cantiknya tanaman lidah buaya. Apalagi jika menggunakan pot yang cantik. 

5. Manfaat untuk Kesehatan

Lidah buaya termasuk tanaman yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Sehingga tanaman ini bisa meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Selain itu juga ada sederet manfaat medis lain seperti melancarkan pencernaan dan lain sebagainya. 

6. Tanaman Hias yang Tidak Rewel

Jika kamu menanan lidah buaya dalam polibag atau pot di rumah, jangan khawatir tanaman ini akan mati kalau kamu lupa menyiramnya selama beberapa hari. Asal tidak sampai lupa setahun ya. 

Menanam lidah buaya tidaklah sulit dan bisa dilakukan di halaman rumah dengan polibag berukuran sekitar 20 cm yang berisi campuran tanah gembur atau tanah pasir yang dicampur pupuk kandang.

Pastikan untuk menanam lidah buaya dengan kedalaman yang tepat, sehingga tanaman kokoh dan tidak busuk di dalam tanah.

Setelah ditanam, perawatan lidah buaya relatif mudah dan cukup dengan menyiram tanaman secara berkala serta memastikan lokasi penempatan mendapatkan cahaya yang cukup.

Dengan menanam lidah buaya di halaman rumah Anda, Anda tidak hanya mendapatkan keindahan tanaman hias yang menawan, tetapi juga dapat merasakan manfaat kesehatan dari getah dan gel lidah buaya yang bermanfaat bagi kulit dan rambut.

Selain itu, lidah buaya juga membantu menyegarkan ruangan dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan nyaman untuk Anda nikmati bersama keluarga.***

Berita Terkait