DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Asal Tahu Saja, Tidak Mudah Menonton Film Oppenheimer

image
Cillian Murpy berperan sebagai J. Robert Oppenheimer.

ORBITINDONESIA.COM - Tidak mudah menontonnya. Ya itulah ekspektasi yang harus diset ketika ingin menonton film Oppenheimer ini. Bayangkan film biografi yang identik dengan penjabaran peristiwa yang mendetail dan kompleks saja sudah hampir bikin kepala ini mau pecah.
 
Nah, di Oppenheimer itu belum semua. Masih ditambah dengan struktur cerita yang tidak linear, juga intrik politik yang tak kalah intensnya. Itu sudah semua? Belum.
 
Masih ada rentetan dialog padat yang bertubi-tubi membahas campur aduk itu semua, yang kalau kita tidak cermat mungkin bisa langsung merasa bosan atau hilang arah ketika menonton Oppenheimer ini.
 
 
Memang butuh bekal yang tak sedikit sebelum menonton film ini. Bisa dengan membaca biografi American Oppenheimer juga mencari tahu tentang "The Manhattan Project". Kalau cuma bekal "sudah menonton film Christopher Nolan yang lain", itu belum cukup.
 
Namun di balik kerumitan yang ditampilkan, kita masih bisa merasakan keunikan yang memang hanya bisa dirasakan ketika nonton filmnya Nolan.
 
Yaitu, ketika kita semakin berusaha merunut urutan narasi film, maka saat itu juga kita sudah "masuk" ke dalam film tersebut.
 
Jajaran ensemble cast yang menawan mulai dari Cillian Murphy, Robert Downey Jr. Matt Damon, Josh Hartnett, Benny Safdie, Dane DeHaan dan masih banyak lagi itu semua tak cuma menyetor nama saja.
 
 
Naskah yang brillian membuat karakter yang mereka perankan bersinar di momen yang diharuskan. Tunggu ketika kamu melihat Presiden Truman dan siapa aktor yang memerankannya.
 
Oppenheimer adalah kisah kompleks tentang sosok manusia, yang sebenarnya hanya terobsesi dengan hal yang ia sukai. Namun, sayang keadaan dan situasi saat itu membuatnya mempertanyakan obsesinya itu sendiri. ***

Berita Terkait