DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

WAJIB DICOBA ! 5 Manfaat Tertawa di Pagi Hari untuk Kesehatan

image
Ilustrasi, banyak manfaat yang didapat dari kita tertawa pada pagi hari salah satunya adalah dapat membantu kesehatan jantung

 

ORBITINDONESIA – Mungkin ada yang tidak tahu bahwa ada banyak yang didapatkan dari tertawa salah satunya adalah dapat membantu kesehatan jantung.

Lalu apak saja manfaat tertawa bagi tubuh dan kesehatan setiap individu, diketahui bahwa manfaat kesehatan dapat aktifkan sistem saraf parasimpatis anda.

Berikut ini lima manfaat tertawa di pagi hari yang bagus untuk kesehatan terutmaa jantung anda yang perlu anda ketahui.

Baca Juga: Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan, Mampu Turunkan Kolesterol hingga Obati Diabetes

1. Kesehatan jantung

Sebuah penelitian awal menunjukkan bahwa dengan tertawa dapat menurunkan hormon stress, meningkatkan HDL, kolesterol ‘baik’ dan peradangan arteri.

Dengan tertawa membuat jantung anda lebih sehat, kerena terjadi peningkatan aliran darah, kurangnya hormon stress yang sebabkan darah kita menyempit dan mengurangi risiko serangan jantung.

2. Peningkatan toleransi nyeri

Percaya atau tidak, tertawa bahkan dapat meningkatkan toleransi rasa sakit. Selain meningkatkan suasana hati Anda, endorfin berperan dalam menurunkan rasa sakit. Karena tawa melepaskan lebih banyak endorfin, rasa sakit mungkin tidak terlalu mengganggu Anda.

Baca Juga: Wah Bali Mau Dikemas Jadi Wisata Kesehatan, Ini Rencana Sandiaga Uno

3. Hilangkan stress

Tertawa dan berbagi waktu bersenang-senang dengan teman atau keluarga atau bahkan sendirian, menonton film lucu atau video anjing konyol atau apapun yang membuat anda tergelitik anda dapat turunkan tingkat stress anda.

Ketika anda tertawa ada hormon endorphin yang dilepaskan oleh tubuh, karena endorphin ini tertawa dapat tingkatkan suasana hati anda.

Baca Juga: Layanan Kesehatan Gratis Gunakan KTP Ala Bobby Nasution di Medan Jadi Perhatian Publik Luar Daerah

4. Tingkatkan oksigen di tubuh

Saat anda tertawa lepas, berarti anda membawa banyak okisgen ekstar yang menurunkan detak jantu anda dan merangsang sistem saraf parasimpatis anda.

Dengan adanya peningkatan oksigen membuat anda bisa berpikir lebih jernih dan membiarkan tubuh anda melepaskannya.

5. Perkuat ikatan sosial

Manusia adalah makhluk sosial dan berbagai waktu yang menyenangkan adalah salah satu cara kita temukan komunitas.

Pernahkah anda mulai tertawa hanya karena teman anda sedang tertawa ? karena tertawa itu menular sama halnya dengan menguap saat kecapean.

Dengan tertawa membantu kita komunikasikan kasih sayang dan merasa terhubung dengan orang lain. Saat kita tertawa dengan orang lain kita perkuat hubungan kita dengan mereka.

Nyatanya hanya dengan mengingat saat anda tertawa bersama orang tersayang dapat membantu mendekatkan dirinya anda berdua.

Itulah manfaat tertawa yang baik bagi kesehatan, jadi sudahkah anda tertawa hari ini ? ***

Berita Terkait