DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Perkumpulan Penulis Indonesia SATUPENA akan Beri Penghargaan Penulis Berdedikasi kepada Putu Wijaya dan Komaruddin Hidayat

image
Putu Wijaya dan Komaruddin Hidayat raih penghargaan dari Perkumpulan Penulis Indonesia SATUPENA.

ORBITINDONESIA.COM – Perkumpulan Penulis Idonesia SATUPENA akan memberi penghargaan Penulis Berdedikasi kepada Putu Wijaya dan Komaruddin Hidayat.

Menurut siaran pers dari panitia, penghargaan SARUPENA Award 2023 akan diberikan kepada Putu Wijaya dan Komaruddin Hidayat pada tanggal 20 Desember 2023.

Penghargaan ini diberikan kepada Putu Wijaya dan Komaruddin Hidayat karena mereka memliki sumbang sih besar kepada dunia sastra dan kepenulisan.

Putu Wijaya menyumbangkan karyawanya untuk karya-karya fiksi, sedangkan Komaruddin Hidayat untuk karya-karya non-fiksi.

Menurut Ketua SATUPENA Denny JA, artificial intelligence sudah bisa melahirkan esai dan puisi.

Tapi mesin artificial intelligence belum mampu membuat renungan batin, menyelami pengalaman hidup, memiliki hati yang dilezatkan oleh suka dan duka, serta mengembangkan visi mengenai baik dan buruk.

“Padahal ramuan batin itu yang diperlukan untuk melahir tulisan yang otentik dan bermakna,” kata Denny JA.

Menurut Denny JA, zaman manapun tetap memerlukan narator yang mampu menarasikan apa yang tengah terjadi, dan apa yang sebaiknya dituju. Mereka adalah para penulis.

Putu Wijaya sudah menulis lebih dari 30 novel, 40 naskah drama, sekitar 1000 cerpen, ratusan esai, artikel lepas, dan kritik drama.

Ia memberi warna dunia kepenulisan Indonesia (fiksi) lebih dari 50 tahun.

Komaruddin Hidayat tak hanya seorang rektor, pendidik dan guru besar.

Ia sudah menulis banyak buku khusunya soal pemikiran Islam yang moderat, inklusif dan terbuka (non-fiksi).

Mereka diberi penghargaan penulis berdedikasi melalui seleksi yang ketat oleh dewan juri, mewakili penulis dari Aceh sampai Papua.

Dewan juri penghargaan ini adalah Anwar Putra Bayu dari Pulau Sumatra; Dhenok Kristianti dari Pulau Jawa, Hamri Manopo dari Pulau Sulawesi; I Wayan Suyadna dari Bali; Thobroni Ambau dari Pulau Kalimantan; dan Victor Manengke dari Pulau Papua.

Ini adalah tahun ketiga Perkumpulan Penulis Indonesia SATUPENA memberi penghargaan kepada penulis berdedikasi untuk kategori fiksi dan non-fiksi.

Penyerahan penghargaan direncanakan tanggal 20 Desember 2023. Penghargaan yang diberikan kepada Putu Wijaya dan Komaruddin Hidayat berupa berupa piagam dan uang tunai masing-masing 35 juta rupiah. ***

Berita Terkait