DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Analisis: Takut Ganjar Jadi Capres, Pendukung Anies Bikin Dongeng Jokowi Mau Kudeta Megawati di PDIP

image
Ganjar Pranowo potensial capres PDIP yang ditakuti Anies Baswedan

ORBITINDONESIA – Ketakutan bahwa cepat atau lambat Ganjar Pranowo akan dideklarasikan sebagai capres oleh PDIP, membuat kubu pendukung Anies Baswedan panik. Mereka pun memviralkan “dongeng" untuk memecah belah Megawati dan Jokowi.

Demikianlah pendapat netizen yang beredar di media sosial, yang dipantau OrbitIndonesia, 1 November 2022. “Dongeng” kubu Anies itu menyatakan bahwa Presiden Jokowi akan “mengkudeta” Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDIP.

Pembajakan pertama, demikian menurut “dongeng” kubu Anies yang tak jelas logikanya itu, adalah memaksa Megawati mencalonkan Ganjar sebagai capres. Selanjutnya, PDIP lah yang akan diambil alih oleh Jokowi.

Baca Juga: AS Akan Tempatkan Pesawat Pembom B-52 Berkemampuan Nuklir di Australia Utara

Jika Presidennya Ganjar, maka Ketua Umum PDIP tentunya Jokowi. Ini sudah mulai diteriakkan para relawan yang “ingin menyingkirkan trah Soekarno” dari PDIP, kata dongeng kubu Anies itu.

Intinya, kubu pendukung Anies ingin menakut-nakuti Megawati bahwa jika PDIP mencapreskan Ganjar, maka kedudukan Megawati dan “trah Soekarno” di PDIP akan terancam.

Strategi kubu pendukung Anies ini ingin memecah hubungan erat antara Megawati dan Jokowi.

Kubu Anies mengharapkan, jika Megawati terprovokasi sehingga tidak mencapreskan Ganjar, maka yang dicapreskan oleh PDIP kemungkinan besar adalah Puan Maharani.

Baca Juga: Rajin Bergerak dan Berolahraga Jantung Jadi Sehat

Justru ini yang sangat diinginkan oleh kubu pendukung Anies. Karena menurut analisis mereka, Puan adalah lawan yang jauh lebih mudah dikalahkan dibandingkan Ganjar.

Di banyak survei yang dipublikasikan, elektabilitas Puan untuk capres tak lebih dari 3%. Sangat jauh di bawah Anies.

Berbagai upaya untuk mendongkrak elektabilitas Puan –lewat baliho dan sebagainya-- sejauh ini gagal total.

Elektabilitas Puan mentok di angka satu digit. Itu pun masih satu digit bagian bawah.

Baca Juga: Instagram Berulah, Suspend Sepihak Akun Pengguna, Warganet Meradang di Twitter

Yang bisa dilakukan kubu Anies untuk menghindar melawan Ganjar saat ini adalah memprovokasi Megawati, agar Puan segera dijadikan capres PDIP.

Cuma itu peluang Anies untuk bisa menang di Pilpres 2024.

Jika Ganjar sampai dijadikan capres oleh PDIP, maka itu berarti “bencana besar” buat kubu pendukung Anies. Karena mereka meyakini, hanya Ganjar yang bisa mengalahkan Anies. ***

 

Berita Terkait