DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Denny JA: Kecerdasan Buatan Mendukung Kreativitas dan Pemberdayaan Siswa SMK 8 Padang

image
KEAI Goes to School di SMK 8 Padang (Foto: KEAI Sumbar)

ORBITINDONESIA.COM - Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) mendukung kreativitas dan pemberdayaan siswa SMK 8 Padang. Siswa dilatih untuk menciptakan karya dalam bentuk disain grafis, musik, melukis, dan menulis, dengan memanfaatkan AI sebagai media kreatif, namun sebagai sebuah kreativitas kita tetap harus hati- hati dengan memerhatikan etika, moral dan hukum. 

Demikian pesan Denny JA, penggagas dan pendiri Forum Kreator Era Artificial Intelligence (KEAI) yang disampaikan tim fasilitator Sumbar, yang terdiri dari  koordinator KEAI Sastri Bakry, Sekretaris SATUPENA Sumbar Armaidi Tanjung, penanggung jawab KEAI Goes to School, Eka Teresia pada kunjungan ke SMK 8 Padang, Senin 14 Oktober 2024.

Siswa SMK 8 yang mengikuti sosialisasi tentang AI ini terbatas hanya untuk OSIS/MPK (Majelis Perwakilan Kelas), kelas jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan) dan guru-guru muda yang berjumlah 80 orang.

Baca Juga: 4 Lukisan Artificial Intelligence Denny JA: Rindu Tanah Air

Kali ini kunjungan tim baru memberikan ilmu tentang literasi digital ( AI) menyangkut etika, moral dan hukum. Karena materi pelatihan literasi digital ini cukup banyak mulai dari pengenalan literasi digital hingga praktik digital. 

Kepala Sekolah SMK 8 Padang, Ita Desnatalia menyambut baik kunjungan tim tersebut karena sesuai dengan era kecerdasan AI. Ita merasa khawatir melihat perkembangan anak-anak yang canggih menggunakan aplikasi AI tapi lemah memahami etika, moral dan hukum. 

"Saya berharap, kedatangan tim tidak hanya sekali ini memberikan sosialisasi tentang AI tetapi juga workshop untuk siswa, agar mereka mampu bersaing dan terlatih dengan kecanggihan, karena masih banyak  yang belum memahami AI dengan baik," ujarnya 

Baca Juga: 4 Lukisan Artificial Intelligence Denny JA: Memperingati Hari Rumi

Lebih lanjut Armaidi Tanjung menyampaikan, Forum Kreator Era Artificial Intelligence, meski baru didirikan di Sumbar akhir bulan lalu tapi telah melakukan serangkaian kegiatan, yakni Orientasi KEAI, Seminar AI, dan sekarang KEAI Goes to School.

Juga, beberapa kegiatan lain yang sedang berlanjut, seperti mendorong kreator berkarya di bidang puisi dan lagu. AI tidak hanya mempermudah proses penciptaan karya, tetapi juga dapat menjadi alat untuk memperluas potensi dan daya saing suatu komunitas, terutama dalam sektor seni grafis, pariwisata dan budaya. 

Ia mengajak para peserta untuk memanfaatkan teknologi AI ini secara maksimal, agar dapat berkontribusi dalam memajukan sekolah mereka.

Baca Juga: 4 Lukisan Artificial Intelligence Denny JA: Dengan Kopi, Memulai Imajinasi

Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti pelatihan dasar yang mencakup etika, moral dan hukum. Para guru juga berharap praktik pembuatan musik, melukis, dan menulis dengan asistensi AI bisa diikutkan dan dilakukan pada kunjungan berikutnya. Rata-rata mereka belum memahami cara kerja AI selain karena kemampuan keuangan yang masih rendah, fasilitas sekolah juga belum memadai. 

Eka Teresia sebagai penanggung jawab KEAI goes to school  yang juga pegiat literasi GSMN Nasional mengatakan dan  berharap, agar para kreator AI ini nantinya bisa menghasilkan karya yang tidak hanya bernilai estetis atau artistik, tetapi juga mampu mempromosikan potensi sekolah mereka secara lebih luas melalui platform digital yang sehat dan beretika,” ujarnya. 

Menurut Eka Teresia, kunjungan ke sekolah SMK 8 adalah langkah maju karena baru pertama kali KEAI ke sekolah dan akan diikuti dengan sekolah- sekolah lain, dengan mengajarkan materi tentang literasi digital terutama keterampilan digital, etika digital, budaya digital, moral dan hukum serta praktik digital.

Baca Juga: Forum Kreator Era Artificial Intelligence Gelar Lomba Melukis Keindahan Alam 3 Pulau dengan Bantuan Kecerdasan Buatan

Kunjungan tersebut diakhiri dengan foto bersama dan sekaligus melihat karya siswa membatik yang berkualitas tinggi dan harga terjangkau.***

Sumber: KEAI Sumatra Barat

Berita Terkait