DECEMBER 9, 2022
Humaniora

SATUPENA Akan Diskusikan Festival Penulis Paling Akbar di Asia Tenggara dengan Narasumber Janet DeNeefe

image
Obrolan Hatipena #150 yang membahas Ubud Writers & Readers Festival (Foto: SATUPENA)

ORBITINDONESIA.COM - Perkumpulan Penulis Indonesia SATUPENA akan mendiskusikan Ubud Writers & Readers Festival (UWRF) sebagai festival penulis paling akbar di Asia Tenggara, dengan narasumber Janet DeNeefe, Pendiri dan Direktur UWRF.

Obrolan Hatipena #150 yang membahas Ubud Writers & Readers Festival itu akan berlangsung di Jakarta, Kamis malam, 3 Oktober 2024, pukul 19.00-21.00 WIB.

Diskusi tentang Ubud Writers & Readers Festival itu akan dipandu oleh Anick HT dan Amelia Fitriani.

Baca Juga: Orasi Denny JA: Penulis di Era Artificial Intelligence dan 6 Data Statistik

Panitia diskusi menyatakan, UWRF akan berlangsung pada 24-27 Oktober 2024. Ini adalah festival ke-21 yang terus diadakan sejak festival pertama pada 2004.

UWRF menjadi acara sastra paling konsisten dan dinanti di Asia Tenggara, dengan kehadiran sekitar 170 penulis dan seniman dari seluruh dunia setiap tahunnya.

Festival ini pertama kali digagas oleh Janet DeNeefe pada 2004, dua tahun setelah tragedi Bom Bali pada 2002. Tujuan awalnya adalah untuk membantu pemulihan pariwisata dan ekonomi Bali yang terdampak oleh malapetaka tersebut.

Baca Juga: Darianto Harsono, Konsul Jenderal RI Istanbul, Penulis dan Penyuka Puisi Terima Buku dari Penulis Indonesia

Dari Indonesia, akan tampil penulis-penulis ternama seperti Dee Lestari, Seno Gumira Ajidarma, dan Norman Erikson Pasaribu.

Menariknya, festival ini juga akan dihadiri oleh Maria Ressa, penerima Hadiah Nobel Perdamaian 2021, yang akan berbicara tentang dampak media sosial dan kecerdasan buatan (AI) pada jurnalisme.

Selain diskusi sastra, festival ini akan diisi dengan pemutaran film, lokakarya, pertunjukan musik, dan peluncuran buku.

Baca Juga: Mengapa Penulis Pemenang Nobel, Ernest Hemingway Bunuh Diri? Banyak Dugaan Penyebabnya

Berbagai seluk beluk festival penulis itu akan dibahas lebih lanjut dalam Webinar Hati Pena #150.

Acara diskusi ini bisa diikuti di link zoom: https://s.id/hatipena150. Selain itu, lewat Facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena. Disediakan sertifikat bagi yang membutuhkan.***

Berita Terkait