DECEMBER 9, 2022
Nusantara

Organisasi Papua Merdeka Bebaskan Pilot Susi Air Phillip Mark Marthens yang Disandera Selama Lebih Dari 1 Tahun

image
Pilot Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Marthens (kiri) bersama Satgas Operasi Damai Cartenz 2024. (ANTARA/HO-Humas Polda Papua)

ORBITINDONESIA.COM - Pilot Susi Air kapten Phillip Mark Marthens yang disandera oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) dibebaskan.

Pilot asal Selandia Baru ditahan oleh OPM yang dipimpin Egianus Kogoya di Nduga, Papua Pegunungan selama 1,5 tahun.

Menurut Kaops Damai Cartenz 2024 Brigjen Pol Faizal Ramadhani dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Jayapura, Sabtu 21 September 2024, Phillip dibebaskan 21 September.

Baca Juga: Operasi Pembebasan Sandera Pilot Susi Air, Panglima TNI Yudo Margono: KKB Papua Berlindung ke Masyarakat Sipil

Ia dijemput oleh tim gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz 2024, kata Faizal Ramadhani.

"Upaya yang dilakukan dengan mengedepankan pendekatan melalui tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat, dan keluarga dekat dari Egianus Kogoya," ungkapnya.

Dia menjelaskan pendekatan adalah untuk meminimalisasi korban jiwa, baik dari aparat maupun masyarakat sipil, tetapi sekaligus menjaga keselamatan dari Philip.

Baca Juga: Jokowi Semalam Tiba di Papua di Tengah Suasana Penyanderaan Pilot Susi Air, Prabowo Menyambut di Bandara

Menurut Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 AKBP Bayu Suseno, Philip dijemput oleh tim gabungan di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga dan langsung diterbangkan menuju Mako Brimob Batalyon B/Timika.

"Kami menjemput pilot Philip dalam keadaan sehat,: katanya. ***

Sumber: antara

Berita Terkait