DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Paus Fransiskus: Keluarga Indonesia Punya Tiga Empat Anak adalah Contoh yang Bagus Untuk Sebuah Negara

image
Presiden RI Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus di beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 4 September 2024. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Pemimpin tertinggi gereja Katolik sedunia sekaligus Kepala Negara Vatikan Sri Paus Fransiskus menyebut bahwa keluarga-keluarga di Indonesia yang masih memiliki tiga sampai empat anak adalah contoh yang bagus untuk suatu negara.

"Masyarakat yang percaya, mereka dapat memohon berkat Allah, mendengar bahwa keluarga-keluarga masih memiliki tiga sampai empat anak dan ini sebuah contoh yang bagus bagi negara," kata Paus dalam pidatonya pada pertemuan dengan pejabat pemerintah, korps diplomatik, dan tokoh masyarakat di Istana Negara, Jakarta, Rabu 4 September 2024.

Sri Paus Fransiskus menyinggung banyak negara yang warganya tidak mau lagi memiliki anak, namun justru memiliki hewan peliharaan.

Baca Juga: Warga Menyambut Paus di Tepi Jalan dengan Meriah Penuh Suka Cita

"Karena banyak negara tidak mau lagi memiliki anak, tetapi memiliki binatang," kata Paus yang disampaikan melalui penerjemah.

Mendengar hal tersebut, Presiden Joko Widodo yang duduk di samping Paus, tertawa lepas sambil menundukkan kepala, seraya menyetujui perkataan Paus itu.

Beberapa pejabat yang terlihat dalam siaran langsung melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, seperti Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Ketua DPR RI Puan Maharani juga tersenyum mendengar pesan Paus tersebut.

Baca Juga: Presiden Jokowi dan Paus Fransiskus Bertemu di Beranda Belakang Istana Merdeka Jakarta

Kunjungan Paus ke Indonesia adalah ketiga kalinya setelah Paus Paulus VI pada tahun 1970 dan Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1989.

Setelah melakssanakan serangkaian kegiatan kenegaraan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Paus yang bernama asli Jorge Mario Bergoglio itu dijadwalkan bertemu secara pribadi dengan anggota Serikat Jesuit di Apostolic Nunciantura Kantor Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta. ***

Berita Terkait