DECEMBER 9, 2022
Humaniora

Kedutaan Inggris Buka Peluang Beasiswa S2 Untuk Masyarakat dari Indonesia Timur

image
Sosialisasi program Chevening oleh Kedutaan Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste di Universitas Hasanuddin, Makassar, Rabu 14 Agustus 2024. (ANTARA/HO- Humas Kedutaan Inggris)

ORBITINDONESIA.COM - Kedutaan Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste membuka peluang beasiswa S2 untuk masyarakat Indonesia wilayah Timur.

Dalam program tersebut Tim Chevening Kedutaan Inggris untuk Indonesia telah mendatangi Kota Makassar, Sulawesi Selatan menyosialisasikan program beasiswa yang dipusatkan di Universitas Hasanuddin, Makassar, Rabu 14 Agustus 2024.

"Kami senang bahwa sarjana Chevening menggunakan pengetahuan dan keterampilan mereka peroleh belajar di Inggris untuk mendorong perubahan panjang," ujar Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Dominic Jermey melalui keterangan tertulis di Makassar, Rabu.

Baca Juga: Pasca Kerusuhan Sayap Kanan di Inggris, Para Pelanggar Berpotensi Hadapi Dakwaan Pelanggaran Terorisme

Beasiswa Chevening diberikan kepada individu dari berbagai latar belakang yang menunjukkan komitmen dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin masa depan.

"Kami ingin mereka menjadi pemimpin dan penggiat perubahan, untuk membantu memastikan bahwa dunia menjadi tempat yang lebih baik untuk hidup, bekerja, dan berkembang," tambah Jermey.

Sejak program ini dimulai pada 1983, lebih dari 57.000 orang profesional telah meningkatkan karier mereka melalui Chevening. Sedikitnya 20 eks kepala negara atau pemerintahan dan yang masih menjabat adalah sarjana Chevening.

Baca Juga: Inggris Dikabarkan Tangguhkan Penerbitan Lisensi Baru Ekspor Senjata ke Israel

Pada tahun akademik 2025/2026, sekitar 1500 beasiswa tersedia secara global, menunjukkan komitmen Inggris untuk mengembangkan pemimpin masa depan.

Begitu pula di Universitas Hasanuddin Makassar, sebanyak 300 orang lebih mahasiswanya yang mendaftar program ini.

Kedutaan Inggris menyiapkan kuota 50 mahasiswa Indonesia.

Baca Juga: Dewan Kepala Polisi Nasional: Hampir 430 Orang Ditangkap Sejak Kerusuhan Ekstrem Kanan Pecah di Inggris

Pendaftaran Beasiswa Chevening untuk belajar di Inggris dibuka sejak 6 Agustus hingga 5 November 2024.

Beasiswa ini menawarkan dukungan keuangan penuh kepada sarjana untuk mengejar gelar S2 yang memenuhi syarat di lebih dari 150 universitas di Inggris, dan akses ke berbagai pengalaman akademik, profesional, dan budaya yang eksklusif.

Pendaftar harus memiliki ide yang realistis dan dapat dicapai untuk menciptakan perubahan positif di negara mereka dan dapat menunjukkan gelar S2 Inggris akan membantu mereka mewujudkan ide mereka.

Baca Juga: Dewan Kepala Polisi Nasional, NPCC: 483 Orang Ditangkap, 149 Didakwa Dalam Kerusuhan Ekstrem Kanan di Inggris

Calon kandidat dapat mengirimkan aplikasi mereka melalui situs web: chevening.org/apply.

Ada sekitar 2.000 alumni Chevening di Indonesia yang menjadi profesional terampil bekerja di berbagai bidang, termasuk membantu mengatasi perubahan iklim, memperjuangkan kesetaraan gender, bekerja di media, industri, pemerintahan, bisnis, hukum, dan banyak bidang lainnya.

Alumni terkemuka dari Indonesia termasuk Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian; Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria; Aktris & Pembawa Berita Marissa Anita; Novelis Ahmad Fuadi; Pembuat Film Riri Riza; dan Ketua Komisi HAM RI Dr Atnike Nova Sigiro.

Baca Juga: Pemerintah Baru Inggris Janji Pada PBB Akan Hilangkan Kesenjangan Rasial danTingkatkan Hukuman Bagi Pelanggar

Setelah ke Makassar, tim Chevening Kedutaan Besar Inggris Jakarta akan berkunjung ke Gorontalo pada 16 Agustus 2024.

Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan informasi terperinci tentang beasiswa Chevening. Selama kunjungan, tim akan bertemu dengan pemangku kepentingan terkait termasuk pemerintah daerah, universitas-universitas dan lembaga swadaya masyarakat untuk mempromosikan dan melakukan sosialisasi pembukaan beasiswa Chevening. ***

Berita Terkait