DECEMBER 9, 2022
Militer

KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjutak: Joni Wajib Jalani Tes Kelayakan Sebagai Anggota TNI

image
KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menyapa masyarakat Kelurahan Sijantuk, Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau, Kamis, 8 Agustus 2024. (ANTARA/Laily Rahmawaty)

ORBITINDONESIA.COM - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjutak menyebut, Joni, anak yang viral karena memanjat tiang bendera saat upacara 17 Agustus di Kabupaten Tapal Bata, Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) itu wajib menjalani tes kelayakan sebagai anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Jadi, (Joni) masih harus mengikuti seleksi (untuk menjadi anggota TNI) itu,” kata Maruli Simanjuntak setelah meninjau bakti sosial di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau, Kamis, 8 Agustus 2024.

Maruli Simanjuntak menjelaskan, untuk diterima sebagai tentara itu ada tiga hal penting yang harus dipenuhi, yakni tentang psikotes, mental ideologi dan kesehatan. Jika ketiga poin tadi terpenuhi dan bagus, maka akan menjadi prioritas untuk diterima.

Baca Juga: KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak Akan Pantau Kinerja Babinsa untuk Cegah Masyarakat Bermain Judi Online

Tiap tes yang dilakukan penting, untuk menghasilkan tentara yang berkualitas, sanggup menjalankan tugas di tengah situasi apapun. Seperti tes kesehatan, dan psikotes untuk mengecek kemampuan calon anggota TNI mampu mengendalikan stres.

Saat ini, kata Maruli, Joni yang bernama lengkap Joni Ande Kala (19) itu sedang mengikuti seleksi lanjutan untuk dicek kesehatan dan psikotesnya.

“Jadi mampu enggak dia (Joni) untuk mengikuti itu. Psikotesnya, mampu enggak nanti, kalau tentara kan harus bisa mengendalikan stres. Nanti pas lagi tugas di hutan kan memiliki stres, mampu tidak dia mengatasi jangan sampai alami gangguan mental sendiri,” ujarnya.

Baca Juga: KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak: Pejabat TNI AD Diseleksi Ketat Sebelum Dipindah ke Instansi Lain

Maruli mengapresiasi Joni telah melakukan aksi heroik memanjat tiang bendera saat upacara 17 Agustus tahun 2018, hingga dipuji oleh Presiden Joko Widodo.

“Ceritanya Joni melaksanakan sesuatu yang sangat heroiklah, sudah dipuji sampai Presiden yang muji. Jadi, kami sekarang ikutkan dia lanjut seleksi, nanti ada proses lanjutan,” ujar Maruli.

Maruli mengunjungi RSKI Galang, Kota Batam, dalam rangka kunjungan kerja ke sejumlah wilayah di Indonesia. Sebelumnya, telah mengunjungi Kota Padang, Sumatra Barat, kemudian ke Tanjung Pinang. Selain bersilaturahmi dengan anggota TNI AD, juga meninjau pelaksanaan bakti kesehatan dan bakti sosial.***
 

Sumber: Antara

Berita Terkait