DECEMBER 9, 2022
Nasional

Hasto Kristiyanto: Megawati Suah Terima Undangan Upacara Peringatan Kemerdekaan di Ibu Kota Negara Nusantara

image
Hasto Kristiyanto di Jakarta, Kamis 8 Agustus 2024. (ANTARA)

ORBITINDONESIA.COM - Presiden kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri telah menerima undangan upacara peringatan kemerdekaan 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Hal itu diungkap Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di kawasan Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Kamis 8 Agustus 2024.

"Undangan sudah diterima, bahkan diserahkan oleh Mas Pramono Anung dalam kapasitas beliau sebagai Menteri Sekretaris Kabinet," kata Hasto.

Baca Juga: Megawati Akan Datangi Kapolri Jika Hasto Kristiyanto Ditangkap

Hasto menilai, 17 Agustus adalah peristiwa penting karena mengandung nilai patriotisme yang begitu besar dan hasrat untuk mewujudkan kemerdekaan sejati.

"Ibu Mega telah menerima undangan tersebut dan nanti tentu saja akan diharapkan namanya undangan 'kan untuk dapat memenuhi undangan," katanya.

Kendati demikian, menurutnya, Megawati masih melihat situasi.

"Mengenai kehadiran Ibu Mega dengan undangan tersebut, tentu suatu kehormatan sebagai presiden kelima RI. Akan tetapi, nanti itu akan disampaikan pada waktu yang tepat," ujar Hasto.

Baca Juga: Megawati Soekarnoputri Tak Setuju UU TNI dan Polri Direvisi Karena Berpotensi Setarakan Dua Institusi Itu

Sekretariat Presiden mulai mendistribusikan undangan kepada mantan presiden dan wakil presiden sampai tokoh masyarakat untuk menghadiri upacara peringatan hari kemerdekaan.

"Kami juga memohon konfirmasi kehadiran beliau," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis.

Yusuf mengatakan, undangan bagi mantan kepala negara itu butuh segera dikonfirmasi agar ia segera mengatur rencana kedatangan sebaik-baiknya.

Yusuf mengatakan, undangan tersebut juga disampaikan kepada Presiden Joko Widodo dan Ketua DPR RI Puan Maharani yang mewakili legislatif.

"Jadi, undangannya kami bagi, undangan yang di Istana Merdeka Jakarta maupun juga undangan di Istana Negara Nusantara," katanya.

Yusuf menuturkan bahwa undangan ke Istana Negara Nusantara disampaikan kepada ketua dan wakil lembaga negara, para menteri kabinet, panglima TNI, Kapolri, kepala staf angkatan, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh budaya.

Calon presiden terpilih Prabowo Subianto juga diundang untuk mendampingi Presiden Jokowi di IKN Nusantara.

Yang diundang di Istana Merdeka Jakarta, antara lain, adalah Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dan calon wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka beserta para mantan wakil presiden. ***

Berita Terkait