DECEMBER 9, 2022
Gaya Hidup

SATUPENA Akan Diskusikan Topik Bagaimana Menjalani Hari Tua dengan Narasumber Psikolog Tika Bisono

image
Diskusi SATUPENA tentang Menjalani Hari Tua dengan narasumber Tika Bisono (Foto: SATUPENA)

ORBITINDONESIA.COM - Perkumpulan Penulis Indonesia SATUPENA akan mendiskusikan tentang menjalani hari tua sendiri atau bersama keluarga dengan narasumber psikolog dan praktisi parenting, Tika Bisono.

Obrolan Hati Pena #144 bertema bagaimana menjalani hari tua itu akan berlangsung di Jakarta, Kamis, 8 Agustus 2024, pukul 19.00-21.00 WIB.

Diskusi ini akan dipandu oleh Elza Peldi Taher dan Milastri Muzakkar.

Baca Juga: Usia 62 Tahun dan Berpikir Hari Tua, Hotman Paris Hutapea Dilema Berhenti Sebagai Pengacara

Menurut panitia diskusi, ada kasus menyedihkan. Hans Tomasoa (83 tahun) dan Rita Tomasoa (73 tahun), suami istri ini ditemukan setelah sudah berhari-hari meninggal di rumahnya, di Desa Singajaya, Kabupaten Bogor.

Kejadian semacam ini bukan yang pertama. Ada banyak persitiwa yang mana orang tua meninggal di rumahnya tanpa ada yang merawat, karena anaknya tidak tinggal di rumah tersebut.

Kasus lain, beberapa anak menitipkan orang tuanya di panti jompo karena tak mau repot merawat orang tuanya di rumah.

Baca Juga: Peluncuran dan Bedah Buku Goresan Puisi di Hari Tua Karya Saunir Saun Disambut Hangat Pencinta Buku di Sumatra Barat

Sementara orang tua lainnya merasa kesepian dan tak lagi dekat dengan anaknya, karena adanya gap generasi atau karena kesibukan masing-masing.

Masa tua adalah fase kehidupan yang menyediakan beberapa pilihan penting. Salah satunya  adalah apakah lebih baik tinggal sendiri atau bersama anak dan keluarga atau di panti jompo?

Bagi sebagian orang tua, tinggal sendiri bisa menjadi simbol kemerdekaan dan otonomi. Mereka merasa nyaman dengan rutinitas yang sudah dikenal dan menikmati kebebasan untuk mengatur kehidupan mereka sendiri.

Baca Juga: Diskusi SATUPENA, Achmad Fachrodji: Balai Pustaka Kini Menjadi IP Licensing Company dan Bagian Industri Kreatif

Namun, tak jarang konsekuensinya adalah seperti yang dialami oleh lansia yang meninggal di atas.

Di sisi lain, tinggal bersama anak atau keluarga bisa menawarkan kehangatan, dukungan, dan keamanan yang luar biasa. Namun, keputusan ini juga membawa konsekuensi, antara lain bahwa anak juga memerlukan keluarga yang mandiri.

Lalu, bagaimanakah sebaiknya orang tua dan anak menyikapi situasi ini? SATUPENA akan membahas lebih dalam mengenai hal ini pada Obrolan Hati Pena #144 bersama Tika Bisono.

Acara diskusi ini bisa diikuti di link zoom: https:// s.id/hatipena144. Juga bisa melalui livestreaming: Youtube Channel, Hati Pena TV. Selain itu, lewat Facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena.

Disediakan sertifikat bagi yang membutuhkan.***

Berita Terkait