DECEMBER 9, 2022
Orbit Indonesia

Salip Lewis Hamilton, Max Verstappen Menangi GP Belanda, Calon Juara Dunia F1

image
Calon Juara Dunia F1, Max Verstappen

ORBITINDONESIA – Pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen mendominasi lomba putaran ke-15 Kejuaraan Dunia Formula 1 2022.

Memulai balapan dari pole position, Verstappen hanya beberapa kali kehilangan posisi sepanjang 72 lap lomba yang diwarnai keluarnya Safety Car dan Virtual Safety Car (VSC) tersebut.

“A majestic drive” pujian kru dan mekanik tim Red Bull untuk Verstappen lewat komunikasi radio setelah pastikan kemenangan di Zandvoort.

Baca Juga: Anies Baswedan Menuju Lengser: Hmmm, Anies Resmikan Pembangunan Gereja di Jakarta

Bagi pria kelahiran 30 September 1997 ini kemenangan di Zandvoort menjadi kemenangan ke-10 musim ini atau keempat secara beruntun setelah Perancis, Hungaria dan Belgia atau yang ke-30 sepanjang karirnya di F1.

Kemenangan ini juga menjadi podium utama kedua beruntun bagi Verstappen di F1 GP Belanda setelah tahun lalu menjadi yang terbaik.

Dengan kemenangan ini, membuat peluang Max Verstappen untuk rebut gelar dunia F1 keduanya setelah tahun lalu makin besar.

Baca Juga: Profil dan Biodata Antony, Winger Terkini Manchester United yang Pecahkan Rekor Transfer Eredivisie

Untuk posisi kedua direbut oleh George Russell, start dari posisi keenam, bagi pebalap asal Inggris, hasil GP Belanda adalah hasil finis terbaik sepanjang karirnya sejauh ini.

Diposisi tiga besar ditempati oleh pebalap andalan Scuederi Ferrari Charles Leclerc yang masuk hampir 11 detik dari Verstappen.

Juara dunia tujuh kali (2008, 2014, 2015, 2017-2020) Lewis Hamilton harus puas finis di posisi keempat, sempat beberapa kali merebut posisi dan menyulitkan Verstappen namun dirinya harus finis lebih dari 13 detik di belakang pebalap Belanda tersebut.

Baca Juga: Motif Pembunuhan Berencana Terhadap Brigadir J Bukan Soal Selangkangan Melainkan Soal Kegiatan Spionase

Posisi kelima ditempati oleh Sergio Perez (Red Bull Racing), seharusnya yang berada di posisi ini adalah Carlos Sainz dari Scuderia Ferrari namun harus mendapatkan penalti 5 detik akibat unsafe release di pit, sehingga Sainz harus puas finis di posisi delapan.

Untuk posisi keenam dan ketujuh masing-masing diisi Fernando Alonso (Alpine) dan Lando Norris (McLaren). Adapun peringkat kesembilan direbut oleh Esteban Ocon dari Alpine.

Sedangkan di posisi terakhir atau ke-10 direbut Lance Stroll (Aston Martin), bagi pebalap asal Kanada ini, inilah finis zona point kali kelima musim ini yang menariknya semuanya berada di posisi ke-10.

Baca Juga: Andrea Dovizioso Mengumumkan Pensiun Usai Finis ke 12 di MotoGP San Marino 2022

Dengan kemenangan ini membuat Verstappen kian kukuh pimpin klasemen Formula 1 dengn raihan 310 poin yang disusul oleh Perez dengan 201 point sama dengan Charles Leclerc di posisi ketiga.***

 

Berita Terkait