DECEMBER 9, 2022
Olahraga

Di Prancis, Prabowo Didampingi Erick Thohir Lobi Presiden Olimpiade Thomas Bach tentang Potensi Indoneisa Tuan Rumah

image
Prabowo Subianto bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir bertemu Presiden Komite Olimpiade Internasional (OIC) Thomas Bach di Prancis. (Instagram @erickthohir)

ORBITINDONESIA.COM - Prabowo Subianto bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir menemui Presiden Komite Olimpiade Internasional (OIC) Thomas Bach di Prancis untuk membahas tentang potensi Indonesia menjadi tuan rumah event olahraga tingkat internasional.

"Kami menjelaskan tentang potensi Indonesia untuk bisa menjadi tuan rumah event olahraga level internasional termasuk Olimpiade di masa depan," kata Erick Thohir dalam akun Instagram yang dipantau di Jakarta, Minggu 28 Juli 2024.

Erick mengatakan, presiden terpilih Prabowo memiliki kecintaan dengan dunia olahraga sehingga ia ingin melihat Indonesia menjadi panggung untuk event berkelas dunia.

Baca Juga: Menteri BUMN Erick Thohir: Kereta Cepat Whoosh Pangkas Jarak Tempuh dan Hemat BBM Rp3,2 Triliun per Tahun

Indonesia sudah menjadi tuan rumah event olahraga internasional seperti Piala Dunia Sepak Bola U17 2023, kejuaraan dunia bola basket tahun 2023 dan Asian Games 2018.

"Kalau ada niat, pasti ada jalan. Bismillah," kata Erick.

Erick juga menemani Prabowo saat bertemu Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) Gianni Infantino membahas kerja sama sepak bola secara ekstensif.

Baca Juga: Prabowo Subianto Saksikan Parade Kontingen RI pada Pembukaan Olimpiade Paris, di Sepanjang Sungai Seine

"Kami membahas hubungan kerja FIFA yang fantastis dengan Indonesia dan PSSI, serta kemajuan fantastis yang dicapai oleh negara yang indah ini dalam beberapa waktu terakhir,” kata Infantino di laman resmi FIFA pada Minggu.

Infantino juga menyinggung keberhasilan Indonesia ketika menjadi tuan rumah Piala Dunia U17, turnamen FIFA pertama.

Pada pembukaan Piala Dunia U17 2023, Presiden FIFA dan Erick Thohir meresmikan kantor regional FIFA yang baru di Jakarta dan menandatangani nota kesepahaman.

Baca Juga: Olimpiade Paris 2024: Prancis ke Perempat Final

Dalam perjanjian penting itu, keselamatan dan keamanan stadion ditetapkan sebagai pilar utama dalam transformasi sepak bola Indonesia.

Sebagai bagian dari inisiatif itu, tim khusus dari FIFA mengunjungi delapan stadion di empat provinsi pada periode 20-25 Mei 2024.

Selain itu, Program FIFA Forward turut mendanai pembangunan Pusat Pelatihan Nasional pertama PSSI di ibu kota baru Indonesia, Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pusat Pelatihan Nasional itu akan meliputi pembangunan lapangan dengan rumput alami, lapangan rumput sintetis, asrama, dan ruang ganti. ***

Berita Terkait