DECEMBER 9, 2022
Internasional

Menlu Sergey Lavrov: Rusia dan China Bekerja Sama Ciptakan Tatanan Dunia Multipolar yang Lebih Adil

image
Arsip - Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di Beijing pada Selasa, 9 April 2024. (ANTARA/HO-Xinhua)

ORBITINDONESIA.COM - Rusia dan China bekerja sama untuk menciptakan tatanan dunia multipolar yang lebih adil, kata Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov, Kamis, 25 Juli 2024.

Berbicara dalam sebuah pertemuan dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi di Vientiane, ibu kota Laos, Sergey Lavrov mengatakan Rusia dan China mempromosikan prinsip-prinsip "multilateralisme sejati," membawa "energi positif" ke PBB dan kelompok G20.

Kedua negara tersebut, Rusia dan China juga aktif bekerja di blok ekonomi BRICS dan Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO), kata Sergey Lavrov.

Baca Juga: Menlu Rusia Sergey Lavrov: AS, Barat Mengganggu Stabilitas Ekonomi dan Tatanan Politik Global

"Area internasional lainnya juga penting. Di antaranya, tentu saja, adalah ASEAN dan seluruh arsitektur yang berpusat pada ASEAN. Kami memiliki posisi yang sama... kami harus melakukan segala yang mungkin untuk mencegah kehancurannya," katanya.

Lavrov saat ini berada di Vientiane untuk menghadiri pertemuan tingkat menteri rutin Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), yang diadakan dalam berbagai format, termasuk ASEAN-Rusia, KTT Asia Timur (EAS), dan Forum Regional ASEAN (ARF).

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan, pihaknya bermaksud memanfaatkan kesempatan untuk mengadakan dialog substantif mengenai cakupan penuh kerja sama dengan blok beranggotakan 10 negara tersebut dalam bidang politik, keamanan, perdagangan, ekonomi, sosial dan budaya.

Baca Juga: Menlu Rusia Sergey Lavrov: Perang Israel di Jalur Gaza Sama Saja dengan Hukuman Kolektif

"Kami akan menggunakan dukungan ASEAN untuk mempromosikan inisiatif praktis mengenai keamanan informasi internasional, yang merupakan salah satu prioritas Rusia pada platform ini," katanya.***

Sumber: Antara

Berita Terkait